Pensiunan PNS Bakal Dapat Jatah Sesuai <i>Take Home Pay</i>
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: ANTARA/Widodo S Jusuf)
Jakarta: Pemerintah tengah menggodok perubahan skema pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) pusat, TNI, Polri, serta PNS daerah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan perubahan skema dilakukan untuk tujuan membuat masa tua para pensiunan abdi negara lebih sejahtera.

Dirinya menjelaskan selama ini pensiunan hanya mendapatkan gaji pokok setiap bulan. Dengan skema baru yang masih dirumuskan memungkinkan pensiunan untuk mendapatkan uang transferan sebesar take home pay seperti saat masih berstatus aktif sebagai pekerja.

"Jadi ada pemikiran untuk bagaimana membuat pensiun dari ASN, TNI, Polri untuk bisa diperbaiki dari sisi benefit dan manfaat yang diperoleh," kata Ani di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa malam, 26 Juni 2018.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga mengatakan rumusan yang sedang diformulasikan bagaimana supaya alokasi transfer ke daerah bisa menjadi future liability atau kewajiban masa yang akan datang dari sisi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Oleh karenanya perlu koordinasi dengan pemerintah daerah karena nantinya akan berhubungan dengan APBD.

"Karena ada implikasi APBN dan APBD kita perlu menyampaikan ke daerah termasuk di dalam rencana APBN kita ke depan," jelas dia.

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id