Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

Dana Asing Bertambah Rp266 Triliun Bikin Rupiah Perkasa

Ekonomi bank indonesia capital inflow
Desi Angriani • 08 November 2019 19:02
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat dana asing masuk ke Indonesia (inflow) hingga 7 November mencapai Rp266 triliun. Dana tersebut masuk melalui Surat Berharga Negara (SBN) dan sisanya mengalir ke pasar modal dan Surat Berharga Bank Indonesia (SBI).
 
Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan derasnya aliran modal asing membuat nilai mata uang rupiah perkasa dalam sepekan terakhir. Bahkan rupiah terapresiasi 2,68 persen secara year to date (ytd).
 
Bahkan pekan lalu rupiah terapresiasi 0,30 persen atau sempat berada di level Rp13.990 per USD. "Gambaran itu menutup sampai dengan perkembangan terakhir, kami lihat rupiah relatif stabil," katanya di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 8 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dody menuturkan kondisi tersebut dipicu oleh sentimen positif investor dalam dan luar negeri. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2019 sebesar 5,02 persen dinilai berada di atas ekspektasi pasar meski melambat dari kuartal sebelumnya.
 
Lebih lanjut, posisi cadangan devisa Indonesia juga meningkat USD126,7 miliar dibandingkan akhir September lalu yang sebesar USD124,3 miliar. Jumlah itu dinilai setara dengan pembiayaan 7,4 bulan impor atau 7,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.
 
"Jadi, investor sangat positif terhadap Indonesia," ungkap dia.
 
Di sisi lain, negosiasi perdagangan AS-Tiongkok turut mewarnai sinyal positif investor. Bahkan data non manufaktur AS mengalami perbaikan sehingga investor kembali bergairah mencari imbal hasil (yield) yang lebih tinggi.
 
"Dari situlah muncul aliran modal yang masuk ke negara-negara berkembang termasuk ke Indonesia dalam jumlah yang cukup baik," pungkas Dody.
 
Bank Indonesia (BI) sebelumnya mencatat dana asing masuk ke Indonesia hingga akhir Oktober 2019 mencapai Rp217,04 triliun. Dana tersebut masuk melalui pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp165,2 triliun, pasar modal Rp49,9 triliun dan sisanya ke Surat Berharga Bank Indonesia (SBI).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif