Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.

Jokowi: Potensi Dana Abadi Rp280 Triliun

Ekonomi investasi capital inflow Omnibus Law
Desi Angriani • 16 Januari 2020 15:02
Jakarta: Potensi pembentukan dana abadi (Sovereign Wealth Fund/SWF) Indonesia akan menarik uang masuk USD20 miliar atau setara Rp280 triliun (kurs Rp14.000 per USD). Pooling dana investasi dari berbagai negara ini akan memperkuat pembangunan proyek infrastruktur di Tanah Air.
 
"Begitu aturan SWF keluar, akan ada inflow minimal USD20 miliar," kata Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Ritz-Carlton, Pasific Place, Jakarta, Kamis, 16 Januari 2020.
 
Jokowi mengungkapkan sejumlah lembaga internasional mengantre dalam program dana abadi tersebut. Namun, ia enggan menyebut dan memerinci lembaga-lembaga maupun negara yang berminat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan potensi dana asing masuk akan lebih besar ketika RUU Cipta Lapangan Kerja dan RUU Perpajakan disahkan DPR. Jokowi meminta anggota dewan mengebut pembahasan rancangan omnibus law itu dalam waktu 100 hari. Naskah akademik akan diserahkan ke DPR pekan depan.
 
"Dan angin ini akan lebih besar lagi apabila pasal-pasal yang kita ajukan ke DPR disetujui sehingga pergerakan ekonomi kita akan tumbuh lebih baik," kata dia.
 
Dana abadi atau SWF adalah lembaga finansial yang dimiliki negara untuk mengatur dana publik dan investasi ke aset yang lebih luas. Skema investasi ini sudah diterapkan sejak lama di Singapura, India, Mesir, Rusia, Arab, Tiongkok, hingga Jepang.
 
Sebelumnya, Japan Bank for International Cooperation (JBIC) tertarik membiayai pembangunan Indonesia dalam bentuk dana abadi. Skema yang sama diterapkan pada investasi dari Uni Emirat Arab dalam program perumahan, pembangunan infrastruktur, serta hilirisasi sektor manufaktur.
 
(REN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif