Ilustrasi resesi ekonomi Indonesia - - Foto: Antara/ Nova Wahyudi
Ilustrasi resesi ekonomi Indonesia - - Foto: Antara/ Nova Wahyudi

Resesi Ekonomi RI di Depan Mata

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Indonesia dampak ekonomi covid-19
Eko Nordiansyah • 21 Juli 2020 13:14
Jakarta: Core Indonesia menilai resesi ekonomi Indonesia sudah di depan mata. Tanda-tanda tersebut mulai tampak pada lambannya pergerakan sejumlah sektor di dalam negeri.
 
Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal mengatakan kontraksi ekonomi kemungkinan terjadi pada kuartal II dan kuartal III tahun ini. Sebab, penerapan kebijakan kenormalan baru (new normal) sejak Juni 2020 tidak serta merta menyehatkan ekonomi nasional.
 
"Ancaman resesi ekonomi nasional itu di depan mata, meski sekarang kita belum masuk ke resesi kemungkinan besar kita perkirakan kontraksi akan terjadi," katanya dalam videoconferencedi Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika terjadi resesi, maka ini menjadi pengalaman pertama bagi Indonesia setelah 1998 lalu. Untuk 2020, Core Indonesia pun meramal pertumbuhan ekonomi berada di kisaran minus tiga persen hingga minus 1,5 persen. Hal ini tergantung pada perkembangan kasus covid-19.
 
"Kalau ini terjadi, ini jadi resesi pertama sejak 1998. Walaupun dengan karakteristik dan faktor pemicu yang berbeda dengan resesi pada 1998. Core Indonesia memprediksi 2020 akan kontraksi dari minus 1,5 persen sampai minus tiga persen," ungkapnya.
 
Untuk kuartal II-2020, Core Indonesia memperkirakan ekonomi tumbuh negatif empat hingga negatif enam persen. Prakiraan tersebut tak terlepas dari pertambahan kasus covid-19 yang terus meningkat bahkan setelah pemberlakuan new normal.
 
"Proyeksi Core, minus 1,5 persen terjadi kalau puncak pandemi di kuartal III dan pemerintah tidak lagi berlakukan PSBB tapi kalau kasus terus meningkat sampai kuartal IV dan kembali PSBB diberlakukan kembali kontraksi bisa lebih dalam sampai tiga persen," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif