Ilustrasi pungutan cukai plastik - - Foto: Antara/ Nova Wahyudi
Ilustrasi pungutan cukai plastik - - Foto: Antara/ Nova Wahyudi

Kemenkeu Tunggu Waktu untuk Pungut Cukai Plastik

Ekonomi penerimaan negara bukan pajak Cukai Plastik
Eko Nordiansyah • 16 Juni 2020 20:49
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menunggu waktu untuk mengenakan pungutan atas barang kena cukai. Termasuk pengenaan cukai plastik yang sebelumnya sudah dibahas antara pemerintah dengan DPR.
 
Direktur Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kemenkeu Heru Pambudi mengatakan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) cukai plastik tersebut masih dikoordinasikan. Termasuk melakukan kajian terhadap barang kena cukai lainnya.
 
"RPP-nya sudah final. Barang kena cukai lainnya sebenarnya Kemenkeu juga dalam posisi yang sudah mempunyai kajian. Nah kajian-kajian ini sebagaimana diminta oleh Komisi XI juga harus dibuatkan dalam bentuk roadmap," katanya dalam video conference di Jakarta, Selasa, 16 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan pengenaan cukai bisa dilakukan setelah pandemi covid-19 berakhir. Jika kondisi masih tidak memungkinkan, pemerintah tidak akan memaksakan pemungutan cukai tersebut.
 
"Kita mesti harus melihat ini dalam konteks yang lebih luas, terutama mengenai waktu pengenaannya, karena tentunya kalau dalam situasi yang sulit kemudian ada beban lanjutan tentunya ini harus menjadi perhatian dan pertimbangan," jelas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif