Ekonomi Indonesia. Foto: MI.
Ekonomi Indonesia. Foto: MI.

Sampai 2045, Ekonomi RI Harus Tumbuh 6%

Antara • 09 Agustus 2022 15:01
Jakarta: Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Medrilzam menyatakan ekonomi Indonesia harus mampu tumbuh enam persen per tahun untuk dapat mencapai Visi 2045 yaitu menjadi negara berpendapatan tinggi.
 
baca juga: Topang Penguatan Ekonomi, IKM Serap 18,6 Juta Pekerja

“Harus ada lompatan-lompatan karena kalau kita mau mencapai Visi 2045 tidak bisa lagi sekitar lima persen pertumbuhan ekonominya. Harus sekitar enam persen per tahun rata-rata,” katanya dikutip dari Antara, Selasa, 9 Agustus 2022.
 
Dia menuturkan pertumbuhan limq persen per tahun tidak akan mampu mengejar target Visi 2045 mengingat pandemi covid-19 telah memundurkan berbagai pembangunan dan pencapaian pemerintah.
 
Oleh sebab itu, diperlukan adanya transformasi ekonomi melalui pergeseran struktur dari sektor kurang produktif ke sektor lebih produktif yakni industrialisasi serta pergeseran produktivitas antarsektor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa strategi transformasi ekonomi yang dapat dilakukan untuk mencapai pertumbuhan enam persen per tahun adalah membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan meningkatkan produktivitas sektor ekonomi.
 
Kemudian implementasi ekonomi hijau, transformasi digital, integrasi ekonomi domestik serta pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).
 
“Itu lah Presiden Joko Widodo beberapa kali menyampaikan kita perlu reformasi terkait transformasi ekonomi dan salah satu strategi besarnya adalah ekonomi hijau,” jelasnya.
 
Medril menjelaskan model pembangunan ekonomi hijau dinilai menunjang pembangunan berkelanjutan dengan fokus pada investasi, kapital dan infrastruktur serta lapangan kerja dan keterampilan.
 
“Ini untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan kelestarian lingkungan,” tegasnya.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif