Darmin Yakin OSS Siap Diimplementasikan Pemda
Menko Perekonomian Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menegaskan sistem perizinan online terpadu atau yang dikenal dengan Online Single Submission (OSS) siap dilaksanakan di daerah. Guna memaksimalkannya, sosialisasi dilakukan guna memberikan edukasi dan memastikan siap diimplementasikan oleh pemerintah daerah (pemda).

"Pasti bisa (diimplementasikan oleh pemda). Kan ini yang punya kewenangan Presiden dan dia maunya begini," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di Gedung Kemenko Prekonomian, Jakarta, Jumat, 29 Juni 2018.

Senada dengan Menko Darmin, Staf Khusus Menteri Kemenko Perekonomian Edy Irawady mengatakan, saat ini kondisi sistem OSS telah siap 100 persen untuk dilaksanakan di daerah. Adapun hal ini didorong oleh bimbingan teknis yang dilakukan terus menerus oleh Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah.

"Sudah kan kita sudah tujuh kali melakukan bimbingan teknis ini dan kita latih di sini dan tes aplikasi. Mereka senang dan mereka latihan lagi di rumah lalu datang ke kantor saya," tukasnya.

Selain itu, lanjut Edy, sistem tersebut nantinya diterapkan di kedua sistem telepon pintar baik menggunakan sistem android maupun iOs. Hal tersebut dinilai memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses kapan dan di mana saja dalam mengurus perizinan.

"Jadi di sana ada banyak fitur. Bagi investor yang akan daftar nanti ada yang perlu diisi. Perizinan akan keluar cepat dan cukup 30 menit sampai satu jam saja," tuturnya.

Namun pihaknya tak menampik jika masih ada kendala terkait kurangnya jaringan internet yang ada di daerah dan sistem tersebut kurang dikenal oleh masyarakat di pedalaman sehingga Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada di setiap daerah tetap siap membantu masyarakat.

Lebih lanjut, Edy menuturkan, terdapat lebih dari 560 instansi yang akan menikmati layanan ini yakni 18 instansi pusat, sebanyak 500-an instansi daerah, dan sisanya dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan instansi lain.

"PTSP masih ada. Nanti masyarakat yang tidak memiliki telepon atau tidak ada internet maka di setiap PTSP disediakan komputer yang ada sistem OSS-nya. Kalau tidak mengerti bisa ditanyakan ke petugas," tutupnya.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id