Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

BLT Dana Desa Capai Rp37 Triliun, Berikut Rinciannya

Ekonomi dana desa kementerian desa Kemendes PDTT Bantuan Langsung Tunai
M Iqbal Al Machmudi • 11 November 2020 10:12
Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat bantuan langsung tunai (BLT) dana desa per 8 November 2020 mencapai Rp37 triliun.
 
Staf Khusus Menteri Desa PDTT Abdul Malik Haramain mengatakan bantuan tersebut terbagi menjadi tiga program unggulan, yakni desa tanggapan covid -19, BLT dana desa, dan program padat karya tunai desa (PKTD).
 
Adapun rinciannya yakni untuk desa tanggapan covid sudah disalurkan senilai Rp8 triliun, BLT dana desa Rp18,4 triliun, dan PKTD sebanyak 10,3 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program padat karya tunai desa sedang kita sikapi bersama-sama dan sekali lagi ini menjadi program prioritas untuk merespons dampak covid. Dari data yang kami punya, alokasi dana yang ada sekitar Rp10,3 triliun," kata Abdul saat webinar Intensif bertajuk Mengangkat Perekonomian Nasional Lewat BLT Dana Desa, dikutip dari Mediaindonesia.com, Rabu, 11 November 2020.
 
Padat karya sendiri 50 persen harus berbentuk upah karena tujuan utamanya untuk memberikan pekerjaan yang tidak memiliki keahlian tertentu. Sehingga besaran upah yang telah dikeluarkan sekitar Rp2,6 triliun dan besaran non upah Rp7 triliun dan membuka lapangan pekerjaan untuk dua juta orang.
 
Untuk BLT dana desa telah mengkover lebih dari delapan juta warga miskin di Indonesia. Atau membantu agar gelombang miskin baru akibat pandemi covid tidak besar dan dapat menghambat adanya warga miskin baru.
 
"Program ini tentunya untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat miskin dan miskin baru. BLT dana desa sendiri diberikan kepada kepala keluarga setiap bulannya sebesar Rp600 ribu," pungkasnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif