Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Modal Asing Masuk RI Capai Rp10 Triliun di Awal 2020

Ekonomi bank indonesia capital inflow
Husen Miftahudin • 10 Januari 2020 18:11
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia hingga 9 Januari 2020 sudah mencapai Rp10,1 triliun. Derasnya aliran dana asing di awal tahun tersebut menunjukkan kepercayaan investor dalam menanamkan investasinya di Indonesia.
 
"Tidak hanya masalah confidence (investor) terhadap prospek ekonomi Indonesia, tetapi juga imbal hasil portofolio di Indonesia cukup menarik dibandingkan dengan negara lain," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di kompleks perkantoran Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Adapun aliran modal asing yang masuk (inflow) ke Indonesia terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) sebanyak Rp10 triliun dan saham sebesar Rp1,3 triliun. Meskipun demikian, aku Perry, ada juga aliran dana asing yang keluar (outflow).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beberapa penurunan itu misalnya di SBI (Sertifikat Bank Indonesia) maupun obligasi korporasi, tapi itu kecil," jelasnya.
 
Menurut Perry, derasnya aliran modal asing yang masuk ke Indonesia ini akan memperkuat stabilitas eksternal dalam bentuk surplus neraca modal di kuartal I-2020. Kondisi ini diharapkan membuat investor asing keranjingan menanamkan sahamnya di Indonesia.
 
"Dan ini juga terbukti, confidence (investor) ini juga kelihatan dari premi risiko investasi di Indonesia dalam bentuk credit default swap (CDS) yang juga tetap rendah. Kalau di data kami (CDS saat ini) adalah 61,3 basis poin," ucap Perry.
 
Selain itu, sambung dia, aliran modal asing ini juga mampu memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Hari ini saja, rupiah menguat di bawah Rp13.800 per USD. "Bahkan Rp13.750 per USD," pungkas dia.
 
Mengutip Bloomberg, Jumat, 10 Januari 2020, nilai tukar rupiah pada penutupan perdagangan di sore hari menguat signifikan ke level Rp13.771 per USD. Mata uang Garuda itu menguat 82 poin atau setara 0,60 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan di hari sebelumnya Rp13.854 per USD.
 
Sementara menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.768 per USD. Rupiah menguat 72 poin atau setara 0,52 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan di hari sebelumnya Rp13.840 per USD.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif