Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dok;MI.
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dok;MI.

Wapres Bakal Perjuangkan Kepentingan RI di KTT OBOR

Ekonomi wapres jk
Dheri Agriesta • 23 April 2019 23:29
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memperjuangkan kepentingan Indonesia di Konferensi Tingkat Tinggi One Belt One Road (KTT OBOR). JK mewakili Indonesia dalam konferensi internasional yang digelar di Tiongkok pada akhir April 2019 ini.
 
"Dalam rangka One Belt One Road, sejauh mana kepentingan Indonesia dapat terpenuhi. Kita mendahulukan kepentingan kita, kepentingan Indonesia," ujar JK saat ditemui di kantor PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), Cilincing, Jakarta Utara, Selasa, 23 April 2019.
 
Menurut JK, fokus pertemuan di forum internasional itu adalah percepatan pembangunan negara yang tergabung dalam OBOR yang dimotori Tiongkok. Di saat bersamaan, Indonesia juga terus mendorong kerja sama internasional lainnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ini (OBOR), masalah pembangunan. Kalau Indo Pacific lain lagi, ada politisnya," tutur JK.
 
OBOR merupakan proyek yang digagas Tiongkok untuk merajut jalur sutera antarnegara. Dengan proyek tersebut, Tiongkok menyusun rute-rute perdagangan baru, menghubungkan kawasan-kawasan yang terdekat.
 
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meyakini proyek tersebut memberikan keuntungan bagi Indonesia. Dari 28 kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok dalam kerangka tersebut, nilainya mencapai USD91 miliar.
 
Indonesia menawarkan dua kelompok proyek prioritas. Kelompok pertama mencakup empat koridor wilayah yakni Sumatra Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Bali. Sedangkan kelompok kedua terdiri atas beberapa proyek di Sumatra Selatan, Riau, Jambi, dan Papua.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif