Indonesia Perlu Contoh 3 Hal dari Pembangunan Ekonomi Negara Maju
Mantan Wakil Presiden Indonesia Boediono (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta: Pemerintah Indonesia tengah gencar melakukan pembangunan dalam beberapa tahun terakhir demi mendorong perekonomian. Dalam upaya pembangunan, setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh Indonesia sebagaimana negara maju lakukan.

Mantan Wakil Presiden Boediono mengatakan, negara-negara Asia timur seperti Jepang, Taiwan, Tiongkok, dan Korea Selatan merupakan kelompok negara yang sukses dalam pembangunan ekonomi. Meski berbeda dari sisi kebijakan yang diambil, namun ada kesamaan dari apa yang dilakukan.

"Kalau kita dalami ada beberapa hal pokok yang negara maju lakukan yang sepertinya menurut saya merupakan kunci dari keberhasilan mereka. Saya mengidentifikasi tiga hal," kata dia, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat malam, 11 Mei 2018.

Pertama, pembangunan dimulai dari membangun pendidikan yang sangat serius dan dilakukan secara massal. Kedua yang harus diperhatikan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan adalah reformasi birokrasi, sehingga mampu mengurangi hambatan pembangunan.

"Mereka sebagian memiliki tradisi (dalam birokrasi) lama tapi dalam masa sekarang mereka memang telah melakukan reformasi birokrasi yang runut dan sistematik. Dan menjadikan birokrasi menjadi alat bukan penghambat pembangunan," jelas dia.

Ketiga, lanjut Boediono, pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh negara-negara tadi demi menjadi negara maju seperti sekarang. Menurut dia, tiga hal ini memang menjadi penentu meski di sisi lain masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh negara demi mendorong pembangunan.

"Jika dilihat pandangan berbagai ahli di bidang pembangunan ekonomi, memang determinan penentu pembangunan jangka panjang. Sebenarnya lebih luas lagi dibandingkan dengan pendidikan tapi pembangunan kualitas manusia, ibaratnya keduanya hardware dan software," pungkasnya.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id