Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Pascabencana Topan Idai, Indonesia Berikan Dana Hibah ke Mozambik dan Zimbabwe

Eko Nordiansyah • 14 April 2021 19:22
Jakarta: Pemerintah Indonesia memberikan bantuan dana hibah kepada Pemerintah Republik Mozambik dan Pemerintah Republik Zimbabwe. Pemberian hibah kepada dua negara ini dalam upaya pemulihan pascabencana Topan Idai.
 
Penandatanganan perjanjian atas pemberian hibah dilakukan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman dengan Duta Besar Mozambik untuk Indonesia Belmiro Jose Malate dan Duta Besar Zimbabwe untuk Indonesia Sophia Nyamudeza yang juga disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
 
"Pemberian hibah ini merupakan komitmen Pemerintah Republik Indonesia sebagai sahabat Republik Mozambik dan Republik Zimbabwe untuk membantu kedua negara sahabat tersebut dalam mengatasi dampak bencana alam Topan Idai dan keperluan kesehatan lainnya," kata Luky dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemberian Hibah ini akan disalurkan oleh Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional/ LDKPI (Indonesian Agency for International Development). Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (Indonesian Agency for International Development) adalah unit di Kementerian Keuangan yang dibentuk pada tahun 2019 untuk mengelola pemberian bantuan kepada Pemerintah Asing/ Lembaga Asing. Pembentukan LDKPI merupakan salah satu bentuk perwujudan diplomasi tangan di atas.
 
Selanjutnya, Pemerintah Republik Mozambik dan Pemerintah Republik Zimbabwe akan menggunakan Hibah tersebut untuk membeli obat-obatan dan peralatan medis yang diperlukan dalam penanganan dampak bencana alam Topan Idai, dan untuk keperluan kesehatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat Mozambik dan Zimbabwe.
 
"Pemerintah Republik Indonesia mengharapkan pemberian hibah ini dapat berkontribusi kepada usaha pemulihan dan rekonstruksi di Republik Mozambik dan Republik Zimbabwe dan memperkuat hubungan persahabatan antara Republik Indonesia dan Republik Mozambik dan Republik Zimbabwe," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif