Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Anggaran Kemenko Perekonomian 2020 Turun Tipis Jadi Rp409,35 Miliar

Ekonomi anggaran kementerian kementerian perekonomian
Eko Nordiansyah • 25 Juni 2019 12:52
Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengajukan pagu indikatif untuk Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp409,35 miliar. Angka tersebut mengalami penurunan tipis sebesar Rp4,8 miliar dibandingkan dengan pagu anggaran 2019 sebesar Rp414,16 miliar.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penurunan anggaran justru dibarengi dengan peningkatan jumlah Program Prioritas dan Program Reguler Kemenko Perekonomian. Pada 2020 Kemenko Perekonomian menetapkan 26 Program Prioritas.
 
"Program Prioritas dan Program Reguler Kemenko Perekonomian mengalami peningkatan dibandingkan 2019. Artinya, penurunan anggaran tidak berarti menurunkan kinerja Kemenko Perekonomian," kata Darmin dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, penurunan anggaran juga terjadi saat ada penambahan jumlah sumber daya manusia (SDM) dari penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun lalu. Dari penerimaan PNS tahun lalu, ada tambahan sebanyak 143 PNS di Kemenko Perekonomian.
 
"Tahun ini jumlahnya 143 orang tahun depan 107 orang. Jadi kita secara signifikan akan mengganti tenaga-tenaga tidak tetap menjadi tenaga tetap," jelas dia.
 
Darmin menjelaskan, sampai dengan 31 Mei 2019, realisasi anggaran Kemenko Perekonomian lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Target penyerapan anggaran oleh Kemenko Perekonomian di 2019 adalah sebesar 97 persen.
 
Adapun program prioritas Kemenko Perekonomian dirancang untuk mendukung program prioritas nasional di bidang ekonomi dalam rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020, antara lain infrastruktur dan pemerataan wilayah; nilai tambah sektor riil, industrialisasi, dan kesempatan kerja; serta ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup.
 
"Program-program ini sejalan dengan tema besar RKP 2020 yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pertumbuhan Berkualitas," pungkas Darmin.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif