Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. FOTO: Kemenko Perekonomian

OJK Diminta Tak Batasi Waktu Pemberlakuan Relaksasi Kredit

Eko Nordiansyah • 16 Februari 2022 18:48
Jakarta: Pemerintah meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk tidak membatasi waktu pemberlakuan relaksasi kredit bagi industri perbankan. Tujuannya adalah agar perbankan bisa lebih banyak menyalurkan kredit yang mendorong perekonomian.
 
OJK sebelumnya resmi memperpanjang masa relaksasi restrukturisasi kredit perbankan selama satu tahun, dari semula sampai dengan 31 Maret 2022 menjadi 31 Maret 2023. Perpanjangan diberikan karena restrukturisasi membantu debitur.
 
"Dari segi regulasi, POJK mengenai relaksasi kredit yang diharapkan tidak perlu ada pembatasan waktu," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam video conference, Rabu, 16 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Airlangga menambahkan, peningkatan kredit perbankan diperlukan karena pemerintah ingin mendorong sumber pertumbuhan ekonomi di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Apalagi defisit APBN kembali ke tiga persen PDB pada 2023.
 
"Perlu ada penurunan pencadangan dari sisi perbankan karena kita lihat dari sisi potensi daripada kredit di sektor perbankan masih tinggi. Realisasi saat ini yang sedikit di atas lima persen dibandingkan dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang 12 persen, ini masih punya ruang yang cukup tinggi," ungkapnya.
 
Sementara itu, OJK mencatat penurunan restrukturisasi kredit perbankan dari sekitar Rp900 triliun pada akhir 2020 menjadi Rp714 triliun pada posisi 31 Oktober 2021. Adapun relaksasi kredit diberikan bagi pelaku usaha yang terkena dampak pandemi covid-19.
 
"Kebijakan itu mendapat respons sangat positif dari pelaku usaha dan industri perbankan, tercermin dari jumlah kredit terdampak covid-19 yang direstrukturisasi," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana dikutip dari siaran persnya, Jumat, 27 November 2021.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif