Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia
Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia

UOB Economic Outlook 2022: Ekonomi RI Bakal Pulih Tahun Depan, ini Kuncinya

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Indonesia bank uob indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional UOB Economic Outlook 2022
Husen Miftahudin • 15 September 2021 11:07
Jakarta: Deputy Chairman And Chief Executive Officer UOB Wee Ee Cheong meyakini perekonomian Indonesia akan pulih di tahun depan dengan pertumbuhan minimal lima persen. Dalam hal ini, kunci pemulihan terletak pada percepatan vaksinasi serta kolaborasi yang erat antarnegara di seluruh dunia.
 
"Sungguh menggembirakan melihat Indonesia memiliki kemajuan yang baik dalam menghadapi pandemi ini. Kami mengapresiasi kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan tekad yang gigih dalam menakhodai Indonesia dalam menekan laju penyebaran pandemi," ungkap Wee Ee, dalam UOB Economic Outlook 2022 secara virtual, Rabu, 15 September 2021.
 
Menurut Wee Ee pandemi covid-19 telah mendorong pertumbuhan pada konektivitas, digitalisasi, dan keberlanjutan. Peluang tersebut perlu dimanfaatkan Indonesia seiring dengan banyak populasi muda serta talenta kewirausahaan yang cakap digital, dan dengan daya beli yang kuat.

Kolaborasi pelaku ekonomi

Selain itu, ia melihat, Indonesia berperan penting di kawasan ASEAN dengan mendominasi 60 persen dari total populasi. Oleh karena itu, konektivitas menjadi kunci dalam pembangunan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu, kami percaya pentingnya kerja sama erat dengan Kementerian Investasi, asosiasi, dan rekan bisnis untuk mempromosikan masuknya pasar baru di seluruh kawasan," paparnya.
 
Sementara itu, Presiden Direktur PT Bank UOB Indonesia Hendra Gunawan percaya Indonesia dapat pulih lebih cepat di tengah membaiknya permintaan domestik dan eksternal yang didukung kebijakan fiskal dan moneter yang akomodatif.
 
Selain itu, belanja infrastruktur yang berkelanjutan seiring dengan peningkatan vaksinasi secara gencar di Tanah Air juga dapat mendukung pemulihan ekonomi dari dampak pandemi covid-19.
 
"Hal ini juga akan mendorong pelonggaran sejumlah pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi domestik, sehingga memberikan optimisme untuk percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pascapandemi," paparnya.
 
UOB Economic Outlook 2022 mengangkat tema 'Memberdayakan Ekonomi Indonesia untuk Pemulihan yang Lebih Kuat' dengan fokus utama pada pasar komoditas dan keberlanjutan konektivitas regional, serta pemanfaatan ekonomi berbasis konsumsi domestik yang berpotensi besar di Indonesia.
 
"Kami juga menyoroti pentingnya Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memperoleh akses yang lebih luas terhadap pembiayaan, digitalisasi, dan peluang agar dapat terintegrasi dengan rantai pasokan perusahaan besar di masa mendatang," pungkas Hendra.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif