Presiden Joko Widodo saat sidang bersama DPR-DPD, di Gedung MPR/DPR, Senayan. (FOTO: Metro TV)
Presiden Joko Widodo saat sidang bersama DPR-DPD, di Gedung MPR/DPR, Senayan. (FOTO: Metro TV)

Jokowi Berapi-api Ingin Hapus Regulasi Jadul

Ekonomi perizinan Pidato Kenegaraan 2019
Desi Angriani • 16 Agustus 2019 12:00
Jakarta: Presiden Joko Widodo berapi-api saat membicarakan reformasi regulasi dalam pidato keduanya. Jokowi menyebut Indonesia masih terjebak dalam regulasi jadul yang menghambat dunia usaha.
 
"Kita tidak bisa membiarkan regulasi yang menjebak kita menakut-nakuti kita, yang justru menghambat inovasi. Ini harus dibongkar sampai ke akar-akarnya," ucap Jokowi di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Jokowi menegaskan regulasi yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman harus dihapus, diselaraskan, disederhanakan, dan dipangkas. Karena itu, reformasi perundang-undangan harus dilakukan secara besar-besaran.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tidak boleh terjebak pada regulasi yang kaku yang formalitas yang ruwet, yang rumit, yang basa-basi, yang justru menyibukkan, yang meruwetkan masyarakat dan pelaku usaha," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.
 
Untuk mereformasi regulasi secara besar-besaran, kata Jokowi ukuran kinerja para pembuat peraturan perundang-undangan bukan diukur dari seberapa banyak UU, PP, Permen atau pun Perda yang dibuat. Tetapi sejauh mana kepentingan rakyat, kepentingan negara dan bangsa bisa dilindungi.
 
"Saya mengajak kita semua pemerintah DPR DPD dan MPR juga Pemda dan DPRD untuk melakukan langkah-langkah baru. Ini harus kita hentikan. Regulasinya harus segera disiapkan tidak boleh ada kompromi," pungkasnya.
 

 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif