Ilustrasi sensus penduduk online - - Foto: Antara/ M Risyal Hidaya
Ilustrasi sensus penduduk online - - Foto: Antara/ M Risyal Hidaya

BPS Perpanjang Periode Sensus Penduduk Online

Ekonomi bps Sensus Penduduk
Eko Nordiansyah • 31 Maret 2020 14:41
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) berencana memperpanjang periode pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) versi online. Pengisian data penduduk secara online tersebut semestinya berakhir hingga 31 Maret 2020.
 
Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono mengatakan batas waktu perpanjangan akan diumumkan besok. Saat ini pihaknya masih membahas rencana tersebut.
 
"Kemungkinan besar akan ada perpanjangan waktu, besok akan disampaikan secara resmi oleh Kepala BPS sehabis rilis inflasi. Perpanjangan waktu masih mau dirapatkan hari ini," kata dia di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga hari ini, sebanyak 32,4 juta orang sudah melakukan pengisian sensus penduduk secara online. Namun demikian, BPS berharap partisipasi masyarakat terus meningkat untuk mengisi sensus penduduk ini.
 
Berdasarkan data 2019, BPS memperkirakan ada 267 juta penduduk sesuai data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Data Dukcapil ini memang menjadi dasar pelaksanaan sensus.
 
BPS menjalankan SP2020 secara online sehingga bisa membuat pencatatan lebih efisien. Masyarakat yang telah memiliki KTP elektronik hanya perlu mengisi data dalam waktu yang cukup singkat.
 
Selain penerapan teknologi, tim BPS tetap menggunakan cara konvensional terutama di daerah yang masih belum terjangkau akses dan peralatan internet. Rencananya bakal ada 390 petugas relawan yang tersebar di berbagai daerah membantu proses pencatatan.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif