Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.

12 Satker dan 3 Pemda Belum Cairkan THR, Ini Alasannya

Ekonomi pns pemda tunjangan hari raya Kementerian Keuangan ASN
Eko Nordiansyah • 02 Mei 2022 15:46
Jakarta: Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan mencatat penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) terealisasi mencapai Rp34,4 triliun. Namun belum semua THR dicairkan sebelum Idulfitri.
 
Menurut DJPb, terdapat 12 satuan kerja (satker) yang belum mengajukan pencairan THR diantaranya disebabkan karena beberapa alasan. Pertama, THR akan dibayarkan pada Desember bertepatan dengan Hari Raya Natal.
 
"Kedua, satker masih menunggu dasar hukum untuk menentukan besaran THR yang akan dibayarkan karena kekhususan struktur penggajiannya. Ketiga Kendala internal satker seperti pergantian pejabat, kendala teknis jaringan, dan sebagainya," tulis keterangan dari DJPb, Senin, 2 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, terdapat tiga pemerintah daerah yang terdata belum menyalurkan THR. Alasannya disebabkan karena penetapan peraturan kepala daerah (perkada) tentang pencairan dari THR-nya belum selesai.
 
Dilansir dari data DJPb, penyaluran THR telah mencapai Rp11,3 triliun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintah pusat sampai dengan 28 April pukul 17.00 WIB. Pencairannya sudah lebih dari 99 persen dari pagu.
 
"Jumlah satuan kerja yang telah merealisasikan penyaluran THR  mencapai 99,92 persen dengan rincian jumlah THR yang sudah dicairkan sebesar Rp11,33 triliun untuk 1.801.393 pegawai," lanjut keterangan tersebut.
 
Selanjutnya, pembayaran THR untuk ASN pemerintah daerah telah dilaksanakan pada 539 pemerintah daerah sebesar 99,45 persen dari 542 pemda. Penyaluran THR telah mencapai Rp14,69 triliun untuk 3.030.531 pegawai.
 
Kemudian pembayaran THR bagi pensiunan telah dilakukan sebesar 95,40 persen dari target. Adapun rinciannya adalah pencairan melalui PT Taspen sebesar Rp7,44 triliun atau 95 persen serta melalui PT Asabri sebesar Rp1,14 triliun atau 99 persen.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif