Gedung kementerian keuangan. Foto: MI/Ramdani
Gedung kementerian keuangan. Foto: MI/Ramdani

1.014 Lulusan PKN STAN akan Disebar ke K/L dan Pemda

Ekonomi Kementerian Keuangan PKN-STAN
Eko Nordiansyah • 15 November 2020 14:54
Jakarta: Kementerian Keuangan akan menempatkan para lulusan PKN STAN ke sejumlah Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda). Upaya ini dilakukan untuk terus memperbaiki dan mengoptimalisasi pengelolaan keuangan negara baik dalam APBN maupun APBD.
 
Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengatakan untuk mencapai tujuan tadi maka diperlukan adanya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan andal. Saat ini Kemenkeu telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk penempatan lulusan PKN STAN 2020 dengan 54 K/L dan Pemda.
 
"Untuk itu Kementerian Keuangan telah merekrut putra-putri terbaik dari seluruh pelosok Tanah Air untuk dididik dalam proses akademik di PKN STAN, yang hasil pendidikan tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan di Kementerian Keuangan namun juga untuk memenuhi kebutuhan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah," kata dia dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Minggu, 15 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini ada sebanyak 2.447 orang lulusan PKN STAN yang terdiri dari 156 orang program D1, dan 2.091 orang program D3. Sebanyak 1.014 orang akan dialokasikan ke K/L dan pemda, yaitu sebanyak 647 orang pada 41 K/L, dan alokasi 367 orang pada 13 Pemda.
 
Hadiyanto menambahkan, ada 24 instansi yang baru yang mendapatkan alokasi termasuk diantaranya Kepolisian Republik Indonesia, 10 Pemda provinsi, dua Pemda Kabupaten, dan satu Pemda Kota. Dengan demikian secara akumulatif pada tahun ini Kemenkeu telah menempatkan 2.785 lulusan PKN STAN pada 68 instansi.
 
Ia menegaskan, program pendidikan PKN STAN dari waktu ke waktu terus dilakukan perbaikan agar menghasilkan lulusan terbaik yang bisa mengisi kebutuhan instansi pemerintahan. Para lulusan yang akan ditempatkan pada instansi K/L dan Pemda juga merupakan lulusan dengan kualitas kualifikasi dan kompetensi yang sangat baik.
 
"Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini kami ingin menyampaikan kiranya para lulusan PKN STAN yang dapat diberdayakan dengan lebih optimal. Jangan sampai ilmu dan kompetensi mereka belum sepenuhnya dioptimalkan dalam penugasannya," ungkap dia.
 
Sesuai dengan program studinya, ia menambahkan, lulusan PKN STAN telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus sehingga siap bekerja dalam bidang pengelolaan keuangan negara, pengelolaan aset dan perpajakan baik pada instansi yang menangani perencanaan, pelaksana dan pelaksanaan, anggaran akuntansi dan pelaporan, maupun instansi yang menangani aset dan pengelolaan BMN.
 
"Mohon kepada mereka agar diberikan penugasan-penugasan yang lebih menantang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki agar mereka bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan pekerjaan sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kinerja. Selain itu mohon kiranya pada saatnya nanti mereka juga diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi agar kelak bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lagi pada instansi Bapak-Ibu sekalian," pungkasnya.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif