Presiden Joko Widodo saat memberikan Pidato Kenegaraan di parlemen. Foto: screengrab BPMI.
Presiden Joko Widodo saat memberikan Pidato Kenegaraan di parlemen. Foto: screengrab BPMI.

Langkah Cepat dan Selamat Jokowi Buru Investasi Global

Ekonomi Pidato Kenegaraan 2019 Sidang Tahunan MPR 2019
Desi Angriani • 16 Agustus 2019 10:46
Jakarta: Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan menyebut pemerintah akan gencar merebut investasi di tengah kompetisi global. Sebab, investasi merupakan kunci untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.
 
"Berebut pengaruh berebut pasar berebut investasi.Kita harus lebih cepat dan lebih baik dibandingkan negara-negara lain," katanya di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Jokowi mengungkapkan berebut investasi bukanlah perkara mudah lantaran negara tetangga memiliki daya tarik dan iklim investasi yang lebih baik dari Indonesia. Karena itu, perlu terobosan kebijakan di bidang investasi agar modal asing lebih banyak masuk ke Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus lebih cepat dan lebih baik dibanding negara-negara tetangga. Langkah demi langkah tidak lagi cukup, lompatan demi lompatan yang kita butuhkan. Lambat asal selamat tidak lagi relevan, yang kita butuhkan adalah cepat dan selamat," ungkapnya.
 
Ia meyakini masuknya investasi akan membuka lapangan pekerjaan baru. Selain itu, investasi juga akan memecahkan masalah defisit transaksi berjalan dan defisit neraca dagang.
 
"Investasi harus membuka lapangan kerja baru harus menguntungkan bangsa kita," tambah dia.
 
Lebih lanjut, Jokowi menegaskan Indonesia tidak boleh gentar terhadap persaingan global. Persaingan itu, lanjutnya, harus dihadapi dengan kreativitas, inovasi, dan kecepatan.
 
"Karena itu tidak ada pilihan lain, kita harus berubah," pungkasnya.
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif