Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Aliran Modal Asing Rp113 Triliun hingga Akhir Mei

Ekonomi bank indonesia capital inflow
Ilham wibowo • 31 Mei 2019 15:25
Jakarta: Pertumbuhan aliran modal asing yang masuk sebagai investasi di Indonesia terbilang cukup positif. Hingga akhir Mei 2019 jumlahnya mencapai Rp113 triliun.
 
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan aliran modal masuk ke Indonesia tersebut tepatnya Rp112,98 triliun hingga 31 Mei 2019 siang. Angka tersebut terdiri dari obligasi Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp56,01 triIiun dan saham sebesar Rp57,40 triliun.
 
"Aliran modal asing year to date (ytd) Rp112,98 triliun terdiri dari obligasi Rp56,01 triliun dan saham Rp57,48 triliun," ujar Perry ditemui di perkantoran Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 31 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bank Indonesia mencatat tingkat kepercayaan asing menanamkan modal ke Indonesia cukup tinggi. Hal tersebut pun membuat nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat yang cukup stabil.
 
"Confidence asing juga tinggi dan itu menjaga rupiah bergerak stabil. Sebagaimana diketahui Kamis (30 Mei 2019) rupiah ditutup Rp14.395 per USD dan hari ini bergerak stabil," ujarnya.
 
Perry menambahkan terjaganya pasar uang dan valas yang bergerak sangat baik tidak terlepas dari peran eksportir. Kondisi ini perlu terus dipertahankan agar mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional yang maksimal.
 
"Pasar uang maupun valas bergerak sangat baik, supply dan demand terus bertumbuh. Terimakasih kepada para eksportir dan perbankan yang begitu giat bertransaksi di pasar valas," ujarnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif