Ekonomi Indonesia. MI/MOHAMAD IRFAN.
Ekonomi Indonesia. MI/MOHAMAD IRFAN.

Kaum Muda Bisa Bawa Indonesia jadi Negara Besar

Ekonomi kepemudaan ekonomi indonesia
04 November 2018 16:00
Jakarta: Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Pembina Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo optimistis Indonesia bisa menjadi negara besar dan maju.
 
"Melihat potensi kaum muda Indonesia membangunkan optimistis masa depan Indonesia akan semakin jaya," kata Siswono di kutip dari Antara, Minggu, 4 November 2018.
 
Ia mengatakan prestasi, anak bangsa telah banyak diukir misalnya saja pada perhelatan Asian Games yang baru lalu Indonesia mampu menembus empat besar di Asia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitu juga dengan prestasi anak bangsa lainnya seperti Lalu Muhammad Zohri yang mampu menjadi juara dunia lari 100 meter kejuaran dunia atletik U-20 di Finlandia pada beberapa waktu lalu.
 
Selain itu, dengan kehidupan di kampus, di mana para mahasiswa sudah mulai melakukan usaha menjadi wirausaha muda. Di Universitas Pancasila misalnya banyak para mahasiswa menuntut ilmu sambil mengembangkan bisnis dengan membuat kue, tas, bimbingan belajar dan lainnya.
 
"Kondisi ini jarang kita temui pada 30-40 tahun lalu," ujar mantan Cawapres pada Pilpres 2004.
 
Karena tu, ia optimistis jika Indonesia kedepannya akan mempunyai banyak para wirausaha muda. Banyak wirausaha yang handal dan berkualitas dibutuhkan untuk membuat indonesia menjadi negara maju.
 
"Saat ini Indonesia hanya mempunyai wirausaha 3,1 persen dari angkatan kerja. Nanti 10 tahun bisa mencapai lima persen dan 20 tahun kedepan menjadi 10 persen," jkata Siswono.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, suksesnya pelaksanaan pertemuan World Bank dan IMF di Bali juga meembuat kredibilitas bangsa Indonesia di mata internasional semakin diperhitungkan.
 
Selain itu, Siswono juga menilai gejolak-gejolak yang terjadi disikapi masyarakat dengan baik karena secara umum masyarakat sudah semakin dewasa untuk membaca isu-isu tertentu yang mempunyai maksud tersembunyi. Hal ini sebagai proses pembelajaran untuk menjadi negara besar dan kuat.
 
"Gejolak-gejolak sekarang yang ada di Indonesia, saya melihat sebagai proses Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat," ujar Siswono.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi