Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Yah.. Pemerintah Setop Bansos dan Subsidi Tahun Ini, Apa Saja?

Husen Miftahudin, Despian Nurhidayat • 20 Januari 2023 14:08
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran perlindungan sosial (perlinsos) sebesar Rp476 triliun dalam APBN tahun ini tidak akan memiliki program yang sama dengan 2022. Ada beberapa program yang tidak akan dilanjutkan lagi pada tahun ini.
 
"Untuk (anggaran) perlinsos, kurang lebih sama. Bedanya ada beberapa program yang tidak dilanjutkan seperti bansos (bantuan sosial) minyak goreng, bantuan subsidi upah, bantuan pedagang kaki lima, itu nanti akan diredesain bergantung kebijakan tiap kementerian atau lembaga," ungkapnya dalam acara Program Penanganan Kemiskinan Terpadu secara virtual, Jumat, 20 Januari 2023.
 
Lebih lanjut, Sri Mulyani memastikan dirinya dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan melihat program apa saja dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang telah memberikan hasil nyata sehingga program tersebut layak untuk dilanjutkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena ini penting sekali, namanya program perlinsos tujuannya untuk melindungi masyarakat yang paling rentan dan miskin. Semoga seluruh anggaran dari perlinsos yang dialokasikan di APBN bisa dirasakan manfaatnya bagi yang membutuhkan dan tidak dikorupsi," tegas Sri Mulyani.
 
Di tempat yang sama, Mensos Tri Rismaharini mengatakan beberapa program yang dilakukan oleh Kemensos pada 2022 yang layak dilanjutkan ialah program permakanan yang diberikan sejak Desember 2022 lalu untuk permakanan lansia, disabilitas, dan bantuan untuk anak yatim.
 
"Selanjutnya, Kemensos juga telah mencoba membuat alat untuk disabilitas karena sebagian besar alat bagi mereka tidak tersedia di pasar seperti tongkat adaptif, kemudian kursi untuk cerebral palsy (lumpuh otak). Karena itu kita merakit sendiri dan itu dibuat oleh para saudara kita yang disabilitas," ujar Risma.
 
Terakhir, Kemensos juga membuat program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena). Program ini dilakukan untuk memberdayakan penerima bansos yang berusia muda untuk menjadi wirausaha.
 
"Kami melihat data, banyak penerima muda yang menerima bansos. Karena jangkauannya masih panjang dan muda, kita buat program ini untuk mengajak mereka berwirausaha. Kita lihat sebulan dua bulan mereka sudah keluar dari penerima bansos," papar dia.
 
Dikutip dari berbagai sumber yang dirangkum Medcom.id, berikut penjelasan singkat bantuan sosial dan subsidi yang dihentikan pemerintah tahun ini.
 
Baca juga: Sri Mulyani Pelototi Inflasi hingga Kemiskinan Ekstrem di 2023

 
1. BLT Minyak Goreng
 
Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng merupakan bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, serta Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW) di bidang makanan.
 
Bantuan ini menggunakan instrumen APBN sebagai bantalan kepada masyarakat miskin dan rentan imbas gejolak pandemi maupun isu global, serta terdampak dari kenaikan harga minyak goreng. Dengan demikian, pemulihan ekonomi dapat terus terjaga momentumnya.
 
Adapun BLT minyak goreng senilai Rp100 ribu per bulan diberikan sekaligus untuk tiga bulan periode April, Mei, dan Juni. Sehingga, total BLT minyak goreng yang diterima KPM adalah senilai Rp300 ribu. Bantuan sosial ini disalurkan pemerintah kepada 20,5 juta keluarga dan 2,5 juta PKLW.
 
2. Bantuan Subsidi Upah
 
Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau juga disebut BLT gaji merupakan subsidi upah bagi para pekerja aktif BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan. Bantuan ini diberikan kepada 16 juta pekerja.
 
BSU diberikan pemerintah kepada pekerja atau buruh berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu yang diberikan dalam satu tahap untuk memenuhi kebutuhan hidup sebagai akibat kenaikan harga.
 
3. Bantuan Tunai Pangan bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung
 
Bantuan Tunai Pangan bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW) ini disalurkan sebanyak satu juta paket dengan nilai Rp1,2 juta atau setara dengan bantuan presiden produktif atau BPUM. Bantuan ini diberikan kepada pengusaha UMKM, PKL, dan warteg yang terdampak covid-19 dan diharapkan bisa menggunakan untuk modal usaha atau bertahan hidup.
 
Bantuan diberikan kepada PKL, warung, dan warteg yang beroperasi di wilayah PPKM level 4. Untuk bantuan PKL dan pemilik warung, tidak akan diberikan jika sudah menjadi penerima BPUM.
 
Baca juga: Jokowi Disebut Pulihkan Ekonomi Masyarakat Bawah Lewat Bansos

 
4. Bantuan Sosial Tunai
 
Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan/atau rentan yang terkena dampak wabah covid-19. Besaran bantuan ini senilai Rp600 ribu per keluarga per bulan.
 
Bantuan Sosial Tunai ini merupakan program jaringan pengaman sosial Kemensos yang diperuntukan bagi keluarga miskin dan rentan miskin yang terdampak covid-19. Program ini merupakan bantuan penugasan khusus Presiden.
 
Bantuan sosial untuk wilayah di luar Jabodetabek diberikan dalam bentuk uang, sedangkan untuk wilayah Jabodetabek diberikan dalam bentuk sembako. Pemberian bantuan BST, tidak termasuk penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Kartu Pra Kerja.
 
5. Banpres Produktif Usaha Mikro
 
Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) adalah bantuan modal usaha yang diberikan sebagai hibah, bukan pinjaman atau kredit yang harus dikembalikan. Total ada 12 juta pelaku usaha mikro yang akan menerima bantuan masing-masing Rp2,4 juta dan langsung ditransfer ke rekening penerima.
 
Pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat menjadi calon penerima BPUM diseleksi Dinas Koperasi di setiap daerah dan lembaga yang dipilih. Syarat utama penerima bantuan ini adalah pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan akses pembiayaan bank atau lembaga keuangan lainnya.
 
Itulah deretan bantuan atau subsidi yang dihentikan pemerintah. Penghentian ini karena telah menggeliatnya sektor bisnis dan daya beli masyarakat, termasuk ekonomi nasional yang sudah pulih di 2023.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif