Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo. Foto: MI/Susanto
Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo. Foto: MI/Susanto

Kemenkeu Klaim Anggaran untuk Biaya Isoman di Hotel Sudah di BNPB

Ekonomi Kementerian Keuangan pandemi covid-19 penanggulangan covid-19 Industri Hotel
Eko Nordiansyah • 22 Juli 2021 13:46
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengeklaim anggaran untuk biaya isolasi mandiri (isoman) para pasien covid-19 di hotel sudah diberikan kepada Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).
 
"BNPB tinggal bayar. Uangnya sudah di sana," kata Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo kepada Medcom.id, Kamis, 22 Juli 2021.
 
Menurutnya, proses pembayaran klaim biaya isoman menjadi tanggung jawab BNPB. Saat ini data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat tunggakan Rp196 miliar yang belum dibayarkan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai saat ini belum dibayar, masih berproses ada sekitar Rp196 miliar untuk isoman yang sedang berproses, untuk 21 hotel di Jakarta," kata Ketua PHRI Hariyadi Sukamdani belum lama ini.
 
Haryadi menambahkan, pengusaha meminta perbaikan sistem pembayaran jika pemerintah ingin kembali menggunakan hotel sebagai tempat isoman para pasien covid-19. Apalagi sistem pembayaran hotel-hotel di daerah cenderung lebih baik dibandingkan di Jakarta.
 
"Kalau pemerintah mau bekerjasama lagi, kami mintanya pola pembayaranya itu yang baik ya. Untuk beberapa daerah seperti di Bandung untuk isoman, tapi, dibayarnya pemprov, jadi dibayar 50 persen dulu kalau saya tidak salah dan pembayarannya dua minggu sekali, jadi yang di daerah sudah lebih baik," pungkasnya.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif