Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta. Foto: screengrab Metro TV.
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta. Foto: screengrab Metro TV.

Ketua DPD: Bhineka Tunggal Ika Terealisasi Jika Pembangunan Merata

Ekonomi Sidang Tahunan MPR 2019
Angga Bratadharma • 16 Agustus 2019 11:00
Jakarta: Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) meyakini Bhineka Tunggal Ika akan terealisasi jika pembangunan dilaksanakan secara merata. DPD menegaskan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi harus menikmati buah demokrasi dan buah dari demokrasi itu adalah terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
 
"Dan Indonesia akan tetap menjadi Indonesia jika murahnya sandang, pangan, dan papan itu terjadi dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote," kata Ketua DPD Oesman Sapta Odang (Oso), dalam pidatonya saat Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Gedung Nusantara, Kompleks MPR-DPR RI, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi sejumlah langkah yang sudah diambil Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oso menilai Pemerintahan Jokowi telah istikamah dalam menjalankan visi dan misinya. Kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga, Oso memberi contoh, sudah dijalankan oleh Presiden Jokowi dan patut diapresiasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BBM satu harga, pembangunan infrastruktur, hingga keberhasilannya dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di atas lima persen per tahun yang sekaligus menurunkan tingkat kemiskinan hingga menjadi 9,66 persen pada 2018 adalah presitasi yang patut diapresiasi," tegasnya.
 
Selain itu, Oso mengatakan, DPD juga memberikan apresiasi atas tersalurnya anggaran dana desa hingga mencapai Rp257 triliun. Dengan keyakinan Indonesia akan maju jika daerah-daerahnya maju maka DPD mendorong agar dalam lima tahun ke depan alokasi dana desa tersebut dapat terus ditingkatkan.
 
"Dengan prinsip 'desa maju, wong cilik gumuyu' kami mengapresiasi atas telah tersalurkannya anggaran dana desa. Termasuk dukungan pemerintah terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu unsur penting dalam mendukung perekonomian nasional," kata Oso.
 
Di sisi lain, masih kata Oso, yang perlu mendapat perhatian adalah pembentukan regulasi khusus terkait dengan pembangunan daerah kepulauan sebagai salah satu solusi dalam menghilangkan kesenjangan. Pada konteks ini, Oso menekankan, DPD mendukung rencana pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan.
 
"Terkait hal itu semua, DPD RI sebagai representasi daerah akan konsisten dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya.
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif