Ekonomi Batam Ditargetkan Tumbuh 7% di 2019
Ilustrasi kota Batam. (FOTO: Medcom.id/Anwar Sadat)
Jakarta: Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan pertumbuhan ekonomi Batam untuk 2019 bisa mencapai tujuh persen. Target ini akan didukung oleh rencana investasi dari 23 perusahaan mencapai Rp5,2 triliun di lahan tidak terpakai di kawasan tersebut.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan investasi masih akan menjadi salah satu pendorong utama perekonomian Batam tahun depan. Ditambah lagi dengan perbaikan ekonomi nasional, maka pertumbuhan ekonomi Batam juga akan terangkat.

"Potensi investor yang tertarik untuk datang ke Batam, tahun depan sesuai dengan komitmen kami akan berusaha mencapai pertumbuhan ekonomi di Batam tujuh persen," kata Lukita ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Desember 2018.

Selain investasi, sektor pariwisata juga diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Batam. Untuk tahun ini, pariwisata di Kepualauan Riau dan Batam diperkirakan mengalami pertumbuhan hingga 20 persen dengan wisatawan mencapai 1,8 juta.

"Tahun lalu 1,5 juta jumlah yang datang ke Batam, tahun ini kita berharap angkanya bisa 1,8 juta. Jadi ini kami akan dorong terus, tahun depan target dua juta, bahkan kalau untuk Batam sendiri di atas 2,2 juta sampai 2,3 juta," jelas dia.

Dirinya menambahkan, tahun lalu pertumbuhan ekonomi Batam memang kurang baik dengan hanya tumbuh di bawah dua persen. Sementara untuk tahun ini, pertumbuhan ekonomi Batam diperkirakan bisa mencapai 4,3 persen sampai dengan 4,5 persen.

"Sekarang tiga kuartal pertama ini rata-rata 4,24 persen ya. Saya berharap di kuartal IV ada dorongan lebih jauh karena meningkatnya tourism, kegiatan pariwisata, sama belanja dari pemerintah. Jadi saya berharap di angka 4,4 persen dari angka yang tahun lalu sekitar 1,7 persen," pungkasnya.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id