Ilustrasi. Foto: dok MI/Atet Dwi Pramadia.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Atet Dwi Pramadia.

Pemerintah Ramu Kebijakan Tanggulangi Dampak Kenaikan Harga Bahan Pokok

Indriyani Astuti • 20 Agustus 2022 12:30
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan segera merumuskan kebijakan untuk menanggulangi dampak dari kenaikan harga bahan pokok. Intervensi terhadap masyarakat miskin akan dilakukan terlebih dahulu.
 
"Ya pastilah ini (harga pokok naik) saya belum koordinasi. Sampai saat ini saya kira itu jadi domain dari Pak Menko Ekonomi dan Bu Menteri Keuangan," ujar Muhadjir pada media seusai bertemu dengan Presiden, dikutip Sabtu, 20 Agustus 2022.
 
Ia menjelaskan dalam waktu dekat kenaikan sembako akan dibahas. Namun, Kemenko PMK tengah fokus dalam penanggulangan kemiskinan ekstrem yang ditargetkan tuntas tahun ini.
 
"Saya masih fokus untuk merancang desain teknokratiknya ini untuk penanganan kemiskinan ekstrem ini. Nanti kalau ini dah jalan baru urus lain-lain," tutur Muhadjir.
 
Penuntasan kemiskinan ekstrem, sambung Muhadjir, berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dapat ditangani pada 2030. Tetapi pemerintah ingin masalah itu selesai segera.
 
"Kita ingin mempercepat sesuai arahan Presiden 2024 bisa tuntas. Paling enggak misal enggak tuntas ya mendekati tuntas lah," tukasnya.
 
Baca juga: Luhut Beri Sinyal Kenaikan Harga BBM Diumumkan Minggu Depan

 
Di sisi lain, pemerintah berencana menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun mengatakan minggu depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan umumkan keputusan tersebut. Harga BBM di pasaran saat ini merupakan harga subsidi yang dananya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
Tujuannya mempertahankan agar harga bahan kebutuhan pokok tidak ikut melonjak akibat kenaikan BBM. Penyesuaian harga BBM menjadi langkah untuk meminimalkan beban APBN.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif