Dalam UU Cipta Kerja, WNA hanya akan dikenakan pajak apabila mendapatkan penghasilan dari Indonesia. Foto: AFP/Yoshikazu Tsuno.
Dalam UU Cipta Kerja, WNA hanya akan dikenakan pajak apabila mendapatkan penghasilan dari Indonesia. Foto: AFP/Yoshikazu Tsuno.

Alasan Pekerja Asing Bisa Bebas Pajak Penghasilan di UU Cipta Kerja

Ekonomi wna pajak pekerja asing Omnibus Law
Eko Nordiansyah • 07 Oktober 2020 20:52
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan soal alasan mengapa pekerja asing bisa bebas pajak penghasilan (PPh) dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Warga Negara Asing (WNA) hanya akan dikenakan pajak untuk penghasilannya di Indonesia.
 
"WNA yang tinggalnya lebih dari 183 hari di Indonesia, mereka menjadi subjek pajak di dalam negeri dan pengenaan PPh-nya bagi WNA adalah berdasarkan penghasilan mereka yang berasal dari Indonesia," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Ia menambahkan, apabila WNA memiliki penghasilan dari pekerjaannya di luar Indonesia, maka mereka tidak akan dikenakan PPh. Hal yang sama juga diberlakukan bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kita tidak memajaki kalau dia punya penghasilan dari pekerjaan di luar Indonesia. Itu supaya WNA yang kerja di sini yang dipajaki adalah yang dari Indonesia," ungkapnya.
 
"Untuk WNI yang ada di luar Indonesia, kurang dari 183 hari, dia dapat menjadi subjek pajak luar negeri dengan syarat tertentu. Ini yang disebut tadi adalah prinsip teritorial, di mana dia berada di situ, (maka) dia dipajaki," lanjut dia.
 
Dalam Pasal 4 UU Cipta Kerja disebutkan bahwa pengenaan PPh dikecualikan bagi warga negara asing yang telah menjadi subjek pajak dalam negeri dikenai pajak penghasilan hanya atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dari Indonesia dengan ketentuan memiliki keahlian tertentu, dan berlaku selama empat tahun pajak yang dihitung sejak menjadi subjek pajak dalam negeri.
 
Termasuk dalam pengertian penghasilan yang diterima atau diperoleh dari Indonesia berupa penghasilan yang diterima atau diperoleh warga negara asing sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan di Indonesia dengan nama dan dalam bentuk apapun yang dibayarkan di luar Indonesia.
 
Sementara ketentuan itu tidak berlaku terhadap warga negara asing yang memanfaatkan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara mitra atau yurisdiksi mitra Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda tempat warga negara asing memperoleh penghasilan dari luar Indonesia.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif