Menko Airlangga Tak Masalah RI Dianggap Negara Maju oleh AS. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menko Airlangga Tak Masalah RI Dianggap Negara Maju oleh AS. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Menko Airlangga Tak Masalah RI Dianggap Negara Maju oleh AS

Ekonomi indonesia-as Negara Berkembang
Eko Nordiansyah • 24 Februari 2020 14:16
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku tak masalah dengan keputusan Amerika Serikat (AS) yang mengeluarkan Indonesia dari negara berkembang. Dengan keputusan ini Indonesia dianggap sebagai negara maju untuk perdagangan internasional.
 
"Justru kita berbangga. Kita kan negara G20, masa mau dianggap berkembang terus," kata Airlangga ditemui di Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 24 Februari 2020.
 
Dirinya menambahkan, Indonesia sudah selayaknya dianggap sebagai negara maju dengan potensi yang dimilikinya. Airlangga juga tak khawatir jika posisi Indonesia ini akan berdampak pada penghapusan fasilitas keringanan bea masuk impor atau Generalized System of Preferences (GSP) yang diberikan AS.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau biaya ekspor impor kan ada perjanjian yang sedang di proses. Itu bisa diselesaikan secara bilateral," jelas dia.
 
Saat ini pemerintah sedang melakukan negosiasi dengan pemerintah AS soal fasilitas GSP. Indonesia berharap fasilitas GSP bisa dipertahankan karena AS merupakan mitra strategis yang merupakan negara tujuan ekspor ke-2 bagi Indonesia.
 
Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) sebelumnya mengeluarkan beberapa negara anggota G20 dari daftar negara berkembang. Selain Indonesia ada Argentina, Indonesia, Brasil, India, dan Afrika Selatan yang juga dikeluarkan dari daftar negara berkembang.
 
USTR mempertimbangkan berbagai faktor seperti pertumbuhan ekonomi hingga perdagangan global dalam penghapusan negara berkembang ini. Pasalnya USTR menganggap dasar penetapan negara berkembang sudah tidak relevan karena dilakukan sejak 1998 lalu.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif