mudik lebaran. Foto : Media Indonesia.
mudik lebaran. Foto : Media Indonesia.

Momen Mudik Bantu Pertumbuhan Ekonomi Capai Target 5%

Ekonomi Ekonomi Indonesia Idulfitri 1439 H Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Eko Nordiansyah • 04 Mei 2022 12:03
Jakarta: Momen mudik selama Idulfitri tahun ini memberikan optimisme bahwa perekonomian akan tumbuh signifikan. Kondisi ini juga didukung oleh perputaran uang selama mudik dan hari raya Idulfitri yang diprediksi mencapai triliunan rupiah.
 
Ketua Bidang Kajian Akuntansi dan Perpajakan Asosiasi Emiten Indonesia Ajib Hamdani mengatakan pergerakan orang dalam mudik Lebaran ini akan berbanding lurus dengan potensi perputaran uang. Data lapangan menunjukkan sekitar 80 juta pemudik bergerak ke daerah-daerah.
 
"Dengan asumsi rata-rata per orang membelanjakan Rp2 juta, terjadi perputaran uang Rp160 triliun secara agregat," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu, 4 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila mengacu data Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2021 sebesar Rp16.970,8 triliun, Ajib menambahkan, perputaran uang selama lebaran setara dengan satu persen PDB. Dengan begitu, kontribusinya terhadap perekonomian juga akan cukup signifikan.
 
"Kalau tren perputaran uang dan pergerakan ekonomi ini bisa terus terjaga sampai akhir 2022, potensi pertumbuhan ekonomi akan terdongkrak secara signifikan. Pertumbuhan ekonomi kisaran lima sampai 5,5 persen relatif bisa tercapai. Bisa melampaui target pemerintah yang di kisaran 5,2 persen," ungkapnya.
 
Ia mengungkapkan, momen Idulfitri ini memberikan optimisme bahwa ekonomi sedang dalam arah yang benar menuju perbaikan dan kembali menanjak seiring selesainya masa pandemi. Namun pemerintah tetap harus berhati-hati dengan risiko yang ada.
 
"Kuncinya adalah konsistensi pemerintah mendorong regulasi-regulasi yang pro dengan pertumbuhan ekonomi untuk jangka pendek, dan pro dengan pemerataan untuk jangka panjang. Idulfitri menumbuhkan semangat baru, ekonomi sedang menuju arah perbaikan sesuai yang dituju," pungkas dia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif