Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Kemenko Perekonomian)

2019, Darmin Optimistis Penerimaan Negara Capai Target

Ekonomi pertumbuhan ekonomi pajak perpajakan ekonomi indonesia rapbn 2019
Eko Nordiansyah • 04 Januari 2019 07:45
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis penerimaan tahun ini akan mencapai target. Hal ini sebagaimana tahun lalu, yang penerimaan negaranya bisa mencapai 102,5 persen dari target yang ditetapkan.
 
Meski optimistis, Darmin menyebut, pergerakan ekonomi global tidak bisa diprediksi. Hanya saja dengan kondisi ekonomi domestik yang relatif baik, dirinya meyakini target penerimaan akan sesuai dengan yang diharapkan.
 
"Begini, ekonomi kita itu kan kalau sektor riilnya itu relatif bertahan terhadap gonjang-ganjing ekonomi dunia, pasar modal kita juga relatif baik. Sehingga, ya (penerimaan) pajaknya bisa diperkirakan itu akan bergerak dengan irama dan kecepatan normalnya dia," kata Darmin, di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Darmin menambahkan penerimaan negara bahkan bisa melampaui target sebagaimana tahun lalu. Nantinya jika pemerintah melihat ada kenaikan maka akan diajukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP).
 
"Seperti yang diperkirakan dalam APBN tahun ini, akan dapat sekitar itu atau mungkin sedikit di atas itu. Tapi kan 2019 itu ada APBNP," ungkap Darmin.
 
Pada 2018, penerimaan negara tercatat mencapai Rp1.942,3 triliun atau tembus 102,5 persen dari target APBN sebesar Rp1.894,7 triliun. Sementara realisasi belanja negara mencapai 99,2 persen atau Rp2.202,2 triliun dari target APBN 2018 sebesar Rp2.220,7 triliun.
 
Sementara tahun ini, pendapatan negara ditargetkan sebesar Rp2.165,1 triliun dengan belanja negara sebesar Rp2.461,1 triliun. Dengan demikian, defisit keseimbangan primer diperkirakan sebesat Rp20,1 triliun, sedangkan defisit anggaran 1,84 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif