Tahun Ini BI akan Terbitkan Sukuk
Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) berencana akan menerbitkan instrumen sukuk BI tahun ini. Instrumen ini dimaksudkan untuk memperluas pasar sukuk dan mendorong transaksi sukuk di pasar sekunder.

"Insyaallah tahun ini, kita akan kejar waktunya," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo ditemui di Gedung Dhanapala, Kompleks Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018.

Dody menjelaskan, sukuk yang diterbitkan bank sentral akan diperjualbelikan antarperbankan nasional. Mekanisme sukuk nantinya sama seperti surat berharga yang telah diterbitkan oleh BI.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan dalam waktu dekat akan diterbitkan Aturan Dewan Gubernur (ADG) mengenai sukuk. Paling lambat bulan depan aturan ini akan dirilis dan bisa diterapkan.

Dirinya berharap aturan ini bisa membuat pasar sukuk bisa semakin liquid dan tidak disimpan hingga jatuh tempo (hold to maturity). Artinya sukuk bisa ditransaksikan di pasar uang.

"Dengan mengeluarkan sukuk Bank Indonesia. Dengan ini, sukuk yang selama ini sudah dikeluarkan menjadi likuid karena ditransaksikan di antara perbankan di pasar uang,” pungkasnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id