Ilustrasi pembelian sukuk SR014 secara online - - Foto: dok AFP
Ilustrasi pembelian sukuk SR014 secara online - - Foto: dok AFP

Bidik Milenial, SR014 Bisa Dibeli Online Mulai dari Rp1 Juta

Ekonomi Kementerian Keuangan sukuk ritel surat berharga negara generasi milenial
Eko Nordiansyah • 26 Februari 2021 11:18
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel seri SR014 bagi investor individu secara online (e-SBN) mulai hari ini. Penerbitan SR014 ini dimaksudkan untuk memberi alternatif investasi bagi masyarakat.
 
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman mengatakan, SR014 merupakan salah satu instrumen SBN ritel yang diterbitkan pemerintah. Salah satunya adalah generasi milenial yang makin melek investasi.
 
"Generasi milenial dan generasi selanjutnya itu generasi gadget sehingga sistem SBN ritel online yang sekarang digunakan sangat relevan dan sesuai dengan karakteristik dari generasi milenial," katanya dalam Virtual Launching Sukuk Ritel Seri SR014 di Jakarta, Jumat, 26 Februari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, sukuk ritel SR014 juga sangat terjangkau bagi masyarakat termasuk kalangan milenial. Dengan nilai pembelian minimum untuk SR014 sebesar Rp1 juta berlaku kelipatan serta maksimum pembelian sebesar Rp3 miliar.
 
"Jadi instrumen dapat dibeli kapanpun dan dimanapun dengan nilai yang sangat terjangkau yakni nilai minimal Rp1 juta. Filosofi penerbitan SBN ritel bersifat partisipatif yakni sebagai wadah kontribusi masyarakat untuk membangun negeri," ungkapnya.
 
Hasil penjualan SR014 ini akan digunakan untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021. Artinya masyarakat dan pemerintah bisa bersinergi dan gotong royong untuk mensejahterakan masyarakat melalui APBN.
 
"Kedepan pemerintah optimis SBN akan terus menjadi instrumen yang kian dinikmati masyarakat untuk generasi milenial, generasi Z seiring peningkatan literasi keuangan dan investasi masyarakat dan kesadaran untuk ikut berpartisipasi membangun negeri," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif