Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Aprillio Akbar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Aprillio Akbar

Sri Mulyani: Pembiayaan Utang 2021 Turun Rp30 Triliun

Ekonomi Sri Mulyani surat utang surat berharga negara
Eko Nordiansyah • 02 September 2020 20:21
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pembiayaan utang pada 2021 turun sebesar Rp30 triliun atau menjadi Rp1.614 triliun dibandingkan tahun ini.

Pembiayaan utang tersebut akan dilakukan melalui penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) baik domestik maupun global. Untuk SBN domestik bakal mengutamakan mekanisme pasar dengan memperhatikan kemampuan penyerapan (absorbsi).
 
"Dengan defisit ini berarti total target per dua minggu yang kita tetapkan jadi relatif besar. Walau dibandingkan tahun ini tidak banyak berbeda," katanya dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 2 September 2020.
 
Sementara itu, Bank Indonesia (BI) tetap bisa berpartisipasi dalam setiap penerbitan SBN oleh pemerintah. Ini dilakukan baik melaluiprivate placementataupungreen shoe optionapabila tidak terserap oleh pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembiayaan utang dalam valas selalu oportunistik dalam melihat market. Beberapa tren terakhir suku bunga cukup rendah di pasar internasional, namun kami tetap menjaga komposisi dari utang valas versus rupiah supaya kita tetap bisa jaga risiko dariexcess rate," ungkapnya.
 
Di sisi lain, penerbitan SBN valas juga akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi pasar dunia. Termasuk penarikan dana dengan bunga yang relatif murah.
 
"Kalau seandainyafavorable, sentimen bagus dan kita rating relatif tidak turun, kita akan bisa mendapatkan sumber pembiayaan yang relatif murah dan ini juga bisa menghilangkan potensi tekanancrowding outkalau kami terbitkan SBN rupiah yang terlalu besar di domestik," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif