Ilustrasi - - Medcom.id
Ilustrasi - - Medcom.id

Pelaku Bisnis Jastip Harus Perhatikan Bea Masuk

Ekonomi perpajakan bea masuk impor Geliat Bisnis Jastip
Eko Nordiansyah • 26 April 2019 18:16
Jakarta: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mengingatkan para pelaku jasa titip (jastip) untuk memperhatikan batasan bebas bea masuk yang diberikan. Jika tidak maka mereka bisa dikenai biaya tambahan atas barang bawaannya.
 
Kepala Subdit Impor Direktorat Teknis Kepabeanan DJBC Djanurindro Wibowo menjelaskan, bebas bea masuk untuk barang pribadi adalah sebesar USD500. Jika lebih dari itu maka akan dipungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor.
 
"Ini keperluan pribadi, sehingga dibebaskan pajaknya USD500 per orang itu dibebaskan untuk keperluan sendiri. Jadi kalau lebih dari USD500, sisanya bayar 10 persen," kata dia di Kantor Pusat DJBC, Jakarta Timur, Jumat 26 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketentuan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 203/PMK.04/2017 tanggal 27 Desember 2017, tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.
 
Selain pembebasan bea masuk, pemerintah juga memberikan keringanan untuk pembebasan cukai atas barang tertentu. Barang kena cukai yang diberikan pembebasan cukai untuk setiap orang dewasa untuk rokok dan minuman alkohol.
 
Untuk rokok dibebaskan hingga 200 batang, cerutu 25 batang, atau 100 gram tembakau iris/ produk hasil tembakau lainnya. Sedangkan untuk minuman mengandung etil alkohol bebas cukainya dibatasi sebanyak satu liter saja.
 
Meski begitu, pelaku usaha jastip juga diminta untuk berhati-hati dalam membawa barang yang dititipkan oleh orang lain. Di antaranya adalah narkotika, serta masalah prosedur yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.
 
"Jadi perhatikan narkotika, jangan jadi tumpangan orang memasukkan barang yang dilarang. Kedua masalah prosedurnya," kata Plh Direktur Kepabeanan Internasional dan AntarLembaga DJBC Alfian Chaniago.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif