Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Sasar Semua Generasi, SR016 Bisa Jadi Pilihan Investasi

Eko Nordiansyah • 25 Februari 2022 10:34
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai sukuk atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel seri SR016 yang mulai ditawarkan hari ini secara daring (e-SBN) cocok untuk semua generasi. Generasi yang dimaksudkan baik muda maupun tua sebagai pilihan investasi yang dijamin pemerintah.
 
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman mengatakan seluruh generasi dapat melakukan investasi di SR016. Apalagi SR016 bisa dibeli mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar, dengan nilai nominal per unit adalah Rp1 juta dan memiliki imbalan sebesar 4,95 persen per tahun.
 
"Yang masih di bangku kuliah dan ingin menyisihkan uang jajannya untuk suatu yang lebih bermanfaat, para pekerja muda yang belajar berinvestasi, atau para orang tua yang sedang menyiapkan dana pensiun, semua dapat memanfaatkan SR016 sebagai alternatif investasi," kata dia, dalam video conference di Jakarta, Jumat, 25 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proses pemesanan pembelian sukuk ritel seri SR016 secara daring dilakukan melalui empat tahap yaitu pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan oleh 30 mitra distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.
 
"SR016 dapat Anda beli dengan sistem elektronik yang dikenal dengan e-SBN. Anda dapat melakukan instrumen investasi ini kapanpun dan dimanapun selama masa penawaran. Pembelian dapat dilakukan melalui mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah secara daring, ada bank, perusahaan sekuritas, dan fintech," ungkapnya.
 
Luky menjelaskan, hasil investasi dari SR016 ini akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi Indonesia. Dengan demikian, manfaat dari investasi SR016 juga dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia dan semua generasi yang akan datang demi Indonesia yang lebih baik.
 
"Saya mengajak Anda baik investor lama, investor baru, baik investor dari berbagai generasi untuk berinvestasi di SR016. Mari bersama-sama kita dukung pembangunan infrastruktur Indonesia demi kemajuan bangsa dengan berinvestasi di instrumen SR016. SR016 pilihan berharga untuk semua generasi," pungkas dia.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif