Presiden Joko Widodo. MI/RAMDANI.
Presiden Joko Widodo. MI/RAMDANI.

Jokowi: RAPBN 2020 Harus Dinamis

Ekonomi RAPBN 2020
Desi Angriani • 15 Juli 2019 16:18
Jakarta: Presiden Joko Widodo menginginkan pagu indikatif tahun anggaran 2020 harus dinamis dan sejalan dengan kondisi perekonomian dunia. Anggaran tersebut harus mampu menjawab berbagai tantangan ketidakpastian global dengan berfokus pada lima sektor.
 
"Karena itu RAPBN 2020 harus mampu beradaptasi dengan suasana global yang dinamis tersebut, terus kita jaga dengan sehat, inklusif, memperkuat daya saing," ujar Jokowi memimpin rapat terbatas pagu indikatif tahun anggaran 2020 di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 15 Juli 2019.
 
Jokowi menuturkan sektor-sektor yang menjadi prioritas untuk pagu indikatif 2020 di antaranya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan mutu pendidikan, pelayanan kesehatan dan pelatihan sesuai kebutuhan industri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan juga memberikan stimulus ransangan ini penting sekali," imbuhnya.

 
Selanjutnya, alokasi anggaran sebesar lima persen di bidang kesehatan dalam pagu tersebut bisa difokuskan untuk program pemenuhan gizi hingga program imunisasi. Program tersebut, kata Jokowi, akan mendorong pembangunan sumber daya manusia.
 
"Anggaran lima persen di bidang kesehatan saya harapkan bisa meningkatkan kualitas kesehatan di Tanah Air," tambahnya.
 
Fokus ketiga dari penggunaan pagu anggaran 2020 ialah pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dengan sentra produksi, kawasan pariwisata, kawasan ekonomi khusus, produksi perkebunan, pertanian hingga UMKM.
 
Jokowi menambahkan RAPBN 2020 juga harus mampu mengurangi kemiskinan melalui program dana desa, kartu sembako serta bantuan modal untuk usaha mikro dan UKM.

 
"Terakhir, belanja pegawai semuanya harus dikaitkan dengan reformasi birokrasi baik di pusat dan daerah, gunakan anggaran seefisien mungkin, kurangi belanja yang kurang produktif dan pastikan semua tepat sasaran," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif