Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.

Omnibus Law Persingkat Proses Investasi

Ekonomi Omnibus Law
Eko Nordiansyah • 28 November 2019 16:51
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan kehadiran omnibus law nantinya akan mempersingkat proses investasi. Menurutnya, investor akan mengetahui standar yang harus dipenuhi saat mendaftarkan izin investasinya.
 
"Perizinan akan didorong berbasisnya bukan seperti sekarang, tapi risk based approach. Risk based itu basisnya standar," kata dia ditemui di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 28 November 2019.
 
Jika standar yang telah ditetapkan bisa dipenuhi, maka investor bisa mengajukan izin usaha melalui sistem Online Single Submission (OSS). Sementara itu, saat ini sistem OSS belum bisa menghentikan intervensi dalam hal rekomendasi perizinan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga nanti rekomendasi untuk pertimbangan teknis dan yang lain itu akan kita hilangkan. Sehingga orang untuk bangun gedung dua lantai itu dalam tanda petik tidak perlu Izin Mendirikan Bangunan (IMB) lagi," jelas dia.
 
Pemerintah juga mendorong kemudahan perizinan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam ketentuan omnibus law ini. Sementara untuk membuat bisnis bisa satu pihak saja, meski dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas (PT) harus ada dua pihak.
 
Dirinya menambahkan, jika proses registrasi sudah dilakukan maka investor bisa langsung mulai usahanya ditambah dengan insentif perpajakannya. Selain masalah perizinan, omnibus law juga akan mengatur ketentuan hukum melalui administrative law.
 
"Jadi beberapa di bidang usaha kan selama ini ada yang larinya pidana. Sehingga ini kita dudukkan menjadi administratif seperti di pasar modal dan yang lain sehingga sanksinya adalah denda. biasanya pengusaha lebih takut denda daripada yang lain," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif