Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok Kemenko Perekonomian.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok Kemenko Perekonomian.

Airlangga Pede RI Punya Peluang Jadi Produsen Halal Terkemuka Dunia

Antara • 11 Desember 2022 20:27
Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Indonesia memiliki peluang besar menjadi produsen halal terkemuka di dunia.
 
Selain itu, menurutnya, Indonesia juga mampu menjadi pasar terbesar produk halal dunia, dengan memanfaatkan keuntungan bonus demografi dan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
 
"Indonesia sebagai rumah umat muslim terbesar penduduknya 229,6 juta pada 2020, mempunyai pengeluaran umat muslim (untuk produk dan layanan halal) mencapai USD184 miliar di 2020, dan diperkirakan pada 2025 menjadi USD281,6 miliar. Jadi ini merupakan pasar yang besar," ujar Airlangga dalam keterangan resminya, Minggu, 11 Desember 2022.

Melihat besarnya potensi tersebut, Airlangga menyebut perlu dilakukan repositioning agar Indonesia tidak hanya menjadi target pasar, namun mampu mendorong peningkatan produksi halal. Selain itu agar industri halal Indonesia mempunyai daya saing lebih dari negara lain di pasar global untuk mengejar potensi ekspor yang ada.
 
Dengan demikian pihaknya akan terus mengakselerasi pengembangan industri halal nasional secara berkelanjutan untuk memenuhi permintaan dari dalam dan luar negeri.
 
Baca juga: Sektor Farmasi Dorong Pertumbuhan Industri Halal

 
Dalam kesempatan itu Airlangga mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2022 yang memberikan sosialisasi dan edukasi tentang industri halal di Indonesia. "Kegiatan IHYA 2022 ini diharapkan bisa menjadi bentuk sosialisasi dan edukasi sekaligus sebagai pemicu dan pemacu industri dalam negeri," kata dia.
 
Sebagai informasi The State of the Global Islamic Economy Report 2022 (SGIE) melaporkan ekonomi syariah Indonesia berhasil menempati peringkat keempat dunia.
 
Selain itu, lanjutnya, Indonesia merupakan salah satu konsumen produk halal terbesar yang mencakup 11,34 persen pengeluaran halal global, yang di sektor makanan halal menjadi konsumen terbesar kedua di dunia, dan di sektor kosmetik halal menjadi konsumen terbesar keempat di dunia.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan