Ilustrasi. Foto: MI/Usman Iskandar.
Ilustrasi. Foto: MI/Usman Iskandar.

Kemenkeu Catat Penyaluran Dana Desa di NTT Naik Rp200 Miliar

Antara • 29 November 2022 20:30
Kupang: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penyaluran anggaran Dana Desa di Nusa Tenggara Timur (NTT) meningkat sebesar Rp200 miliar sehingga total yang tersalurkan mencapai senilai Rp2,4 triliun per Oktober 2022.
 
"Realisasi penyaluran Dana Desa di NTT terus menunjukkan peningkatan mencapai Rp2,4 triliun di Oktober dari sebelumnya di September sebesar Rp2,2 triliun," kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT Kemenkeu Catur Ariyanto Widodo dalam konferensi pers terkait kinerja APBN regional Provinsi NTT di Kupang, Selasa, 29 November 2022.
 
Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan progres penyaluran anggaran dana desa 2022 di NTT. Catur menjelaskan anggaran dana desa yang disalurkan terdiri dari dana desa reguler yang telah disalurkan dalam tiga tahap sebesar Rp1,3 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa disalurkan selama empat triwulan dengan total penyaluran sekitar Rp1 triliun. Sampai dengan 31 Oktober, dari total 3.026 desa di NTT, terdapat 741 desa yang telah menyalurkan Dana Desa reguler tahap III atau tahap akhir, sementara 1.765 desa telah menyalurkan BLT Dana Desa triwulan IV.
 
"Realisasi penyaluran terbesar yaitu di Kabupaten Manggarai yang sudah mencapai 99,8 persen," katanya.
 
Baca juga: Kemenkeu: Realisasi Belanja APBN Rp27,5 Triliun Jaga Perekonomian NTT

 
Catur mendorong pemerintah daerah di NTT agar terus mengawal atau mendampingi desa-desa untuk percepatan penyaluran sehingga nilai alokasi Dana Desa 2022 untuk NTT sebesar Rp2,8 triliun dapat terserap secara maksimal.
 
Dana Desa merupakan salah satu instrumen strategis dalam mendorong pertumbuhan perekonomian desa dalam menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi covid-19 yang masih berlangsung maupun krisis yang mengancam secara global.
 
"Jika Dana Desa dapat tersalurkan secara maksimal maka banyak manfaat yang bisa dinikmati masyarakat baik dari sisi ekonomi, pembangunan infrastruktur, dan sebagainya," katanya.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif