Pemerintah tawarkan sukuk ritel 013. Foto: dok Kemenkeu.
Pemerintah tawarkan sukuk ritel 013. Foto: dok Kemenkeu.

Mulai Rp1 Juta, Sukuk Ritel SR013 Diluncurkan dengan Kupon Tetap 6,05%

Ekonomi sukuk ritel surat berharga negara
Eko Nordiansyah • 28 Agustus 2020 11:12
Jakarta: Pemerintah meluncurkan sukuk negara ritel (sukuk ritel) seri SR013. Sukuk ritel ini memiliki tingkat imbalan tetap (fixed) sebesar 6,05 persen yang mulai ditawarkan pada Jumat, 28 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB hingga berakhirnya periode penawaran pada Rabu, 23 September 2020 pukul 10.00 WIB.
 
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan sukuk ritel ini dipasarkan secara online sebagaimana Surat Berharga Negara (SBN) lainnya. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi covid-19.
 
"Masyarakat bisa membeli hanya melalui gadget-nya. Jadi ini sangat sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi, menghindari interaksi dengan orang lain, meminimalisir sehingga semuanya keamanan dan kesehatannya bisa dijaga," kata dia dalam video conference di Jakarta, Jumat, 28 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan sukuk ritel ini merupakan instrumen investasi yang 100 persen dijamin oleh negara. SR013 memiliki jangka waktu tiga tahun tetapi bisa dijual sebelum jatuh tempo dan diperdagangkan di pasar sekunder (tradable).
 
"Imbal hasil cukup menarik 6,05 persen per tahun, kalau memang sedang butuh dana cair misalnya, itu sukuk ritel ini bisa diperdagangkan," jelas dia.
 
Luky menjelaskan dengan membeli sukuk ritel ini berarti masyarakat terlibat langsung untuk mendukung pembangunan nasional. Sebab hasil investasi SR013 ini akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Jadi Insyaallah dengan membeli sukuk ritel ini masyarakat bisa berinvestasi sekaligus ikut membantu membangun negeri ini membangun negeri ini menghadapi pandemi covid-19, karena hasilnya ini pun akan digunakan untuk pembiayaan APBN," pungkasnya.
 
Investor dapat membeli SR013 dengan minimal pembelian Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar. Pembelian bisa dilakukan di 31 mitra distribusi, yang terdiri dari bank umum, bank umum syariah, perusahaan efek, perusahaan efek khusus (APERD financial technology), hingga perusahaan fintech peer-to-peer lending.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif