Presiden Joko Widodo kembali menyinggung soal keterampilan vokasi bagi SDM di Indonesia. Foto: Antara
Presiden Joko Widodo kembali menyinggung soal keterampilan vokasi bagi SDM di Indonesia. Foto: Antara

Lagi-lagi Jokowi Singgung Keterampilan Vokasi SDM RI

Ekonomi Pidato Kenegaraan 2019 Sidang Tahunan MPR 2019
Eko Nordiansyah • 16 Agustus 2019 11:32
Jakarta: Presiden Joko Widodo kembali menyinggung soal keterampilan vokasi bagi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Menurutnya, keterampilan vokasional yang akan dibutuhkan pasar the emerging skills harus sudah dilatihkan sejak pendidikan menengah.
 
"Mencari sumber belajar sendiri, berpikir kritis, dan tidak mudah terhasut problem solving harus sudah tertanam kuat pada pendidikan menengah kita," kata Jokowi dalam Sidang Bersama DPD-DPR, Gedung Nusantara, Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Sementara, budi pekerti, sopan santun, toleransi, dan kedisiplinan termasuk kebiasaan mengantre dengan sabar dan teratur harus ditanamkan sejak dini. Biasa mandiri, percaya diri, gotong royong dan saling peduli harus kuat ditanamkan dalam pendidikan dasar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk tingkat pendidikan tinggi kita harus berani mencanangkan target tinggi, bahwa SDM lulusan pendidikan tinggi kita harus kompetitif di tingkat regional dan global," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, ada dua kunci agar SDM Indonesia bisa bersaing di era global seperti sekarang ini. Pertama, SDM harus kompetitif dalam karakter yaitu pekerja keras jujur kolaboratif solutif dan enterpreneurship.
 
Kedua, SDM harus kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang menguasai the emerging skills yang mampu mengisi the emerging jobs dan inovatif dalam membangun the emerging business.
 
Tak hanya soal pendidikan. Namun, untuk mencetak SDM yang pintar dan berbudi pekerti luhur harus didahului oleh SDM sehat dan kuat. Pemerintah menargetkan untuk turunkan angka stunting sehingga anak-anak bisa tumbuh menjadi generasi yang premium.
 
"Kita perluas akses kesehatan dengan pemanfaatan teknologi dan pembangunan infrastruktur dasar ke seluruh pelosok tanah air. Kita tingkatkan kualitas kesehatan dengan pengembangan inovasi dan budaya hidup sehat," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif