Pemerintah Tambah Rp20 Triliun untuk LPDP 2019
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/MOHAMAD IRFAN)
Nusa Dua: Pemerintah berencana menambah anggaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebesar Rp20 triliun pada tahun depan. Dengan demikian, total dana pendidikan yang dialokasikan untuk beasiswa bergengsi dalam negeri ini mencapai Rp55 triliun pada 2019.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan penambahan anggaran beasiswa LPDP merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). "Untuk beasiswa LPDP akan kita tambah kagi sebesar Rp20 triliun tahun depan," ujar Ani, sapaannya, dalam acara press tour, di Novotel, Nusa Dua, Bali, Kamis, 6 Desember 2018.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani menambahkan kenaikan jumlah anggaran beasiswa LPDP seiring dengan pengalokasian dana pendidikan sebesar 20 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Jumlah itu naik sebesar Rp57,5 triliun dari Rp435 triliun pada 2018 menjadi Rp492,5 triliun di 2019.

"Satu komitmen kita yakni mengalokasikan dana di bidang pendidikan 20 persen dalam APBN," ucap Askolani.

Ia meyakini suntikan anggaran tersebut membuat kuota penerima beasiswa pendidikan S2 dan S3 dalam negeri maupun luar negeri turut bertambah. Saat ini, kuota penerima beasiswa LPDP baru ditetapkan sebanyak 4.000 orang.

"Ada tambahan anggaran baru 2019 yang kami yakin akan meningkatkan jumlah siswa Indonesia yang akan mendapatkan fasilitas beasiswa S2 dan S3," ungkap dia.

Adapun Beasiswa LPDP terbagi ke dalam enam jenis, yaitu beasiswa reguler, beasiswa disertasi, beasiswa dokter spesialis, beasiswa afirmasi, beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) dan program co-funding. Beasiswa afirmasi terdiri dari beasiswa daerah tertinggal, dan beasiswa alumni bidikmisi berprestasi.

Selain itu, beasiswa Individu berprestasi dari keluarga miskin/prasejahtera, beasiswa prestasi olahraga, seni, Kebudayaan dan keagamaan, beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa PNS/TNI/POLRI, beasiswa santri, dan beasiswa prestasi olimpiade bidang sains, teknologi dan keterampilan/talent scouting.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id