Jokowi Saksikan 3 Perjanjian Kerja Sama dengan Singapura
Presiden Joko Widodo saat menyambut kedatangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Nusa Dua: Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan sejumlah penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Singapura. Adapun penandatanganan kerja sama melingkupi bidang ekonomi hingga pendidikan, yang dilakukan di sela-sela pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018.

Berdasarkan pantauan Medcom.id, sebelum menyaksikan penandatanganan tersebut, Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, di Hotel Laguna, Nusa Dua, Bali, pada pukul 9.43 WITA, Kamis, 11 Oktober 2018.

Sambil melemparkan senyum ke arah media, dua petinggi negara tersebut masuk ruangan untuk berbicara dan melakukan pembicaraan tertutup. Setelah itu, kedua petinggi negara menyaksikan tiga perjanjian kerja sama yaitu perlindungan investasi, kerja sama budaya, dan teknologi finansial.  



Selain itu, juga terdapat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri Singapura dan Indonesia untuk pengembangan implemetasi industri 4.0, edukasi finasial teknologi, pengembangan sumber daya manusia untuk pegawai pemerintahan, dan sekolah pelayaran.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan telah tiba di Bali pada Rabu malam, 10 Oktober 2018. Dalam kunjungannya ke Bali kali ini Jokowi akan menghadiri sejumlah agenda. Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Setelah itu Jokowi diagendakan bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam pertemuan tahunan (Annual Leaders Retreat). Beberapa aganda lainnya yang dihadiri Presiden Jokowi adalah membuka seminar dan menghadiri forum investasi.

Pada malam harinya, Presiden akan menghadiri ASEAN Leaders Gathering (ALg). Kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama para pemimpin negara-negara di Asia Tenggara tersebut. Di sela-sela agenda tersebut, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan  pemimpin negara dan pimpinan lembaga internasional yang hadir.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id