Ilustrasi spnaduk iklan bayar pajak - - Foto: dok MI
Ilustrasi spnaduk iklan bayar pajak - - Foto: dok MI

Pemerintah Bebaskan Pajak Sewa Toko hingga Oktober 2021

Eko Nordiansyah • 03 Agustus 2021 15:52
Jakarta: Pemerintah resmi meluncurkan insentif perpajakan bagi pelaku usaha di sektor ritel. Insentif tambahan berupa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) 10 persen diberikan ke sektor usaha perdagangan eceran.
 
Insentif ini tertuang melalui PMK Nomor 102/PMK.10/2021 tentang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas Penyerahan Jasa Sewa Ruangan atau Bangunan kepada Pedagang Eceran yang Ditanggung Pemerintah pada 30 Juli 2021.
 
"Pemerintah berharap insentif ini dapat semakin membantu beban sektor ritel selama pandemi," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu dalam keterangan resminya, Selasa, 3 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Febrio menambahkan, tambahan insentif ini adalah bagian dari insentif usaha dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Rencananya insentif PPN DTP ini akan diberikan selama tiga bulan, mulai dari Agustus sampai dengan Oktober 2021.
 
"Insentif PPN DTP Sewa Ruangan ini akan membantu pelaku sektor ritel yang sangat terdampak PPKM, khususnya pedagang eceran yang menjual barang dan/atau jasa langsung ke konsumen akhir," ungkapnya.
 
Selain itu, peruntukan insentif ini tidak terbatas pada pedagang eceran yang berada di pusat perbelanjaan saja, tetapi juga di pasar rakyat, komplek pertokoan, apartemen, hotel, lingkungan pendidikan, lingkungan kantor, dan fasilitas transportasi publik.
 
"Sehingga diharapkan memberikan manfaat bagi pedagang eceran secara luas. Dukungan pada sektor ritel ini pada gilirannya juga akan membantu pengusaha di sektor ini mempertahankan keberlangsungan bisnisnya dan tenaga kerjanya," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif