Ilustrasi pembebasan pajak - - Foto: MI/ Arya Manggala
Ilustrasi pembebasan pajak - - Foto: MI/ Arya Manggala

Penerima Sumbangan dan Hibah Dibebaskan dari Pajak

Ekonomi perpajakan diskon pajak Insentif Pajak
Suci Sedya Utami • 28 Juli 2020 16:49
Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan membebaskan pajak penghasilan bagi penerima bantuan, dan sumbangan. kebijakan tersebut berlaku sepanjang pihak-pihak yang bersangkutan tidak memiliki hubungan usaha, pekerjaan, kepemilikan atau penguasaan.

Kemudian pihak penerima harus merupakan orang tua kandung atau anak kandung, badan keagamaan, badan pendidikan, badan sosial termasuk yayasan, koperasi atau orang pribadi yang menjalankan usaha mikro dan kecil.
 
"Apabila penerima merupakan badan keagamaan, pendidikan, atau sosial termasuk yayasan, maka walaupun terdapat hubungan kepemilikan atau penguasaan antara pemberi dan penerima tetapi penghasilan atau keuntungan dari hasil bantuan, sumbangan, atau hibah tetap dikecualikan sebagai objek pajak penghasilan," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama dalam keterangan resminya, Selasa, 28 Juli 2020.
 
Pengecualian objek pajak tersebut juga diberikan bagi wajib pajak yang memberikan bantuan, sumbangan atau hibah. Bagi pihak pemberi, segala bentuk bantuan, sumbangan, dan hibah dapat dijadikan sebagai pengurang penghasilan bruto untuk menghitung penghasilan kena pajak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengaturan aspek perpajakan bantuan, sumbangan, serta harta hibahan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 90/PMK.03/2020 yang mulai berlaku pada 21 Juli 2020," terangnya.
 
Selain PMK-90, Menteri Keuangan juga telah menetapkan PMK Nomor 92/PMK.03/2020 yang mengatur mengenai rincian jasa keagamaan yang tidak dikenai pajak pertambahan nilai.
 
Jenis jasa tertentu dalam kelompok jasa keagamaan yang tidak dikenai PPN meliputi jasa pelayanan rumah ibadah, jasa pemberian khotbah atau dakwah, jasa penyelenggaraan kegiatan keagamaan, dan jasa penyelenggaraan perjalanan ibadah keagamaan baik oleh pemerintah maupun oleh biro perjalanan wisata.

 

(Des)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif