Illustrasi. MI/Susanto.
Illustrasi. MI/Susanto.

Tahun Terakhir Kabinet Kerja, Pemerintah Anggarkan Rp122 Triliun untuk Kesehatan

Ekonomi nota keuangan ekonomi indonesia
Suci Sedya Utami • 16 Agustus 2018 16:56
Jakarta: Di tahun terakhir pemerintahan Kabinet Kerja layanan kesehatan terus diperkuat. Komitmen tersebut dibuktikan dengan mengalokasikan anggaran kesehatan di tahun depan sebesar Rp122 triliun atau lima persen dari alokasi belanja dalam APBN 2019 sebesar Rp2.439,7 triliun.
 
"Anggaran kesehatan atau naik dua kali lipat dari anggaran kesehatan di 2014 sebesar Rp59,7 triliun," kata Joko Widodo dalam pidato nota keuangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Agustus 2018.
 
Jokowi menjelaskan berbagai program kesehatan yang dilakukan pemerintah selama ini telah memberikan hasil nyata dengan meningkatnya pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan, ketersediaan dan penyebaran obat, sumber daya kesehatan di daerah serta meningkatnya angka harapan hidup dan akses rumah tangga terhadap sanitasi yang bersih.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2019, pemerintah akan melanjutkan program prioritas di bidang kesehatan dengan memperkuat layanan kesehatan kepada masyarakat di antaranya melalui penyediaan sarana dan prasarana yang berkualitas pada 48 rumah sakit/balai kesehatan, serta penguatan program penurunan angka stunting yang terintegrasi di 160 Kabupaten/Kota.
 
Adapun untuk mengatasi permasalahan gizi anak pemerintah juga akan mendorong pemberian makanan tambahan kepada 525.420 ibu hamil dan 1,5 juta balita kurus serta imunisasi anak usia 0-11 bulan hingga mencapai 90 persen.
 
Melalui berbagai program perlindungan sosial itu diharapkan tingkat kemiskinan pada 2019 akan turun lagi ke 8,5-9,5 persen dan Indeks Pembangunan Manusia naik ke 71,98.
 

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif