Ilustrasi emiten pasar modal - - Foto: Medcom/ Angga
Ilustrasi emiten pasar modal - - Foto: Medcom/ Angga

Pemerintah Guyur Keringanan Pajak bagi Emiten

Ekonomi Emiten perpajakan Kementerian Keuangan Insentif Pajak
Annisa ayu artanti • 20 Oktober 2020 11:21
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana memberikan keringanan pajak bagi perusahaan terbuka. Emiten dengan persyaratan tertentu akan mendapatkan biaya pajak badan yang lebih rendah.

"Perusahaan terbuka dengan persyaratan tertentu bisa mendapat pajak badan lebih rendah," kata Kasubdit Peraturan PPh Badan, Direktorat Peraturan Perpajakan II DJP Wahyu Santosa dalam Capital Market Summit & Expo, Senin, 19 Oktober 2020.
 
Ia merinci sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020, pemerintah menurunkan pajak badan usaha dari 25 persen menjadi 22 persen. Untuk wajib pajak go public dengan persyaratan tertentu diturunkan lagi tiga persen menjadi 19 persen.
 
"Di 2020 dan 2021 sesuai Undang-undang Nomor 2 tarif PPh badan turun menjadi 22 persen," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian mulai 2022, pajak untuk perusahaan terbuka bisa diturunkan lagi menjadi 17 persen dengan syarat tertentu. Adapun syarat bagi emiten untuk menerima keringan pajak tersebut adalah jumlah saham yang diperdagangkan paling sedikit 40 persen.
 
"Persyaratan tertentunya tadi apa, jumlah saham yang 40 persen tadi dimiliki lebih 300 pihak. Kemudian masing-masing pihak memiliki kurang dari lima persen dan dimiliki paling singkat dalam 183 hari kalender artinya setengah tahun kalau di sini. Kemudian menyampaikan laporannya ke DJP," pungkasnya.  
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif