Ilustrasi syarat pembentukan dana abadi di daerah - - Foto: Medcom
Ilustrasi syarat pembentukan dana abadi di daerah - - Foto: Medcom

Pemda Bisa Bentuk Dana Abadi, Ini Syaratnya

Eko Nordiansyah • 10 Maret 2022 14:42
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah daerah bisa membentuk dana abadi seiring hadirnya Undang-Undang Harmonisasi Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPD). Dana abadi daerah bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan prioritas sebagaimana yang dibuat oleh pemerintah pusat.

"Dalam UU HKPD ini untuk daerah-daerah yang memiliki surplus karena sumber daya alam, mereka bisa membangun apa yang disebut dana abadi daerah, seperti (pemerintah) pusat sekarang memiliki dana abadi untuk LPDP, penelitian, perguruan tinggi, kebudayaan," kata Sri Mulyani dalam video conference, Kamis, 10 Maret 2022.
 
Nantinya dana abadi daerah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang bersifat abadi dan dana hasil pengelolaannya dapat digunakan untuk Belanja daerah dengan tidak mengurangi dana pokok. Lebih dari itu, dana abadi tersebut bisa memberikan manfaat baik ekonomi, sosial, maupun manfaat lainnya.
 
Ia menambahkan pengelolaan dana abadi daerah ini bisa ditetapkan degan Peraturan Daerah (Perda) dan dikelola oleh Bendahara Umum Daerah atau Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sementara dana yang dikumpulkan akan dilakukan dalam investasi yang bebas dari risiko penurunan nilai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai contoh, LPDP saat ini mengelola dana mencapai Rp99,1 triliun di antaranya untuk beasiswa kepada 29 ribu mahasiswa dan 1.668 penelitian. Ini terdiri dari dana abadi pendidikan sebesar Rp81,12 triliun, dana abadi penelitian Rp7,99 triliun, dana abadi perguruan tinggi Rp7 triliun, dan dana abadi kebudayaan Rp3 triliun.
 
"Kita berharap untuk daerah yang memiliki sumber daya yang melimpah tidak harus habis atau kemudian dipakai untuk belanja yang kualitasnya tidak langsung berhubungan dengan kemakmuran masyarakat. Tentu kita harus menabung dalam rangka untuk generasi yang akan datang juga bisa menikmati hasil sumber daya alam tersebut," pungkasnya.
 

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif