Ilustrasi (MI/ARYA MANGGALA)
Ilustrasi (MI/ARYA MANGGALA)

Ditjen Pajak: Sudah 11,93 Juta WP Lapor SPT

Ekonomi pajak perpajakan ditjen pajak spt pajak
Husen Miftahudin • 30 April 2019 06:32
Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat hingga 29 April 2019 pukul 12.00 WIB, sudah 11,93 juta Wajib Pajak (WP) yang telah melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan. Jumlah wajib pajak tersebut berasal dari orang pribadi maupun badan.
 
Bila dirinci, ada sebanyak 570 ribu wajib pajak badan yang sudah melaporkan SPT tahunan. Sementara wajib pajak orang pribadi yang sudah melaporkan SPT tahunan sebanyak 11,36 juta.
 
Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan jumlah seluruh wajib pajak yang sudah melapor SPT di tahun ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Meski, peningkatannya tak signifikan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sebenarnya masih datar dengan tahun lalu pada tanggal yang sama, tapi ini kan baru sampai jam 12 tadi. Kalau apple to apple mungkin nanti malam baru (terlihat data perbandingannya)," ujar Hestu di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin, 29 April 2019.
 
Pada hari yang sama di 2018, jelas Hestu, ada sebanyak 566 ribu wajib pajak badan yang telah menyampaikan SPT tahunannya. Sementara jumlah keseluruhan wajib pajak badan dan orang pribadi sebanyak 11,62 juta.
 
"Kalau sampai 30 April tahun lalu ada 663 ribu (wajib pajak badan yang sudah melapor SPT). Ada 100 ribu lagi di tanggal 30 April 2018 kemarin," tutur dia.
 
Hestu optimistis jumlah wajib pajak badan yang melaporkan SPT hingga akhir April tahun ini mengalami peningkatan bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. "Kami yakin besok masih banyak lagi wajib pajak yang sampaikan SPT tahunannya. Kami yakin sampai 30 April besok sore akan melebihi dari apa yang kita capai di tahun lalu," tegas Hestu.
 
Secara total, Kemenkeu menargetkan pelaporan SPT di tahun ini sebanyak 15,5 juta wajib pajak badan dan orang pribadi. Angka itu menunjukkan 85 persen rasio kepatuhan dari total wajib pajak yang terdaftar wajib lapor sebanyak 18,3 juta wajib pajak.
 
"Besok yang wajib pajak badan mungkin masih seratus sekian ribu lagi. Sampai akhir April, 12 juta lebih SPT yang disampaikan," tuturnya.
 
Setelah masa pelaporan SPT tahunan orang pribadi dan badan berakhir, Hestu akan menindaklanjuti wajib pajak tersebut dengan melakukan pembinaan dan pengawasan.
 
"Kita akan tindaklanjuti wajib pajak yang belum laporkan SPT-nya, baik badan maupun orang pribadi untuk kita lakukan pengawasan, pembinaan, supaya mereka tetap lapor sampai akhir tahun nanti," tutup Hestu.
 

(ABD)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif